Waduk Pondok

Waduk Pondok

Waduk Pondok

Terletak kurang lebih 6 km sebelah timur Ngawi, Waduk Pondok ini memiliki luas 2.596 hektar dan dikelilingi oleh hutan mahoni dan pohon jati. Sangat cocok untuk digunakan obyek wisata keluarga. Lokasi bendungan Pondok ini merupakan obyek wisata yang sering dikunjungi. Selain sebagai sarana irigasi dan pembangkit tenaga listrik, bendungan ini juga dimanfaatkan sebagi area pemancingan dengan fasilitas lainya seperti wisata perahu keliling, gardu pandang dan fasilitas alam lainnya. Selain itu, area waduk Pondok juga sering digunakan untuk ajang Motorcross atau arena berpetualang. Jadi, wisata waduk Pondok ini tidak hanya dikhususkan untuk rekreasi keluarga.

Pesona alam yang ditawarkan di waduk Pondok ini sangat indah. Dengan harga tiket masuk yang sangat murah jika orang lokal biasanya tidak dipungut biaya, jika orang yang akan mancing biasanya hanya ditarik 2000 rupiah sebagai biaya pengelolaan waduk. Waduk Pondok sendiri mempunyai suatu legenda, dimana nama Pondok bermula dari banyaknya pondok – pondok yang dibangun oleh peziarah disekitar sumber mata air untuk melakukan ngalap berkah atau tirakatan.

Untuk saat ini, Waduk Pondok hanya menjadi tempat mancing dan tempat nongkrong. Tidak sulit untuk menuju ketempat ini.Dengan jarak tempuh kurang lebih 13 km dari pusat kota Ngawi. Waduk ini biasa disebut waduk Ndero. Petunjuk jalan juga ada yang menunjukkan ke arah waduk ini. Jika anda ingin memancing di spot yang agak sepi dan potensial anda bisa menyewa dengan perahu dengan tarif berkisar 10-15 ribu rupiah, dengan begitu anda bisa leluasa dan jika anda sudah tidak mancing anda juga bisa dijemput kapanpun anda mau.

Selain wisata air, pemandangan indah dari waduk ini juga berasal dari hutan mahoni, hutan jati, dan batuan kapur yang mengelilingi waduk. Waduk Pondok merupakan kekayaan alam yang masih ‘perawan’ dan sangat eksotis. Bagusnya, daerah ini belum dirusak oleh masyarakat sekitar. Waduk Pondok hingga saat ini masih menjadi surga yang tersembunyi dari Ngawi.

Menurut sejarah, konstruksi waduk Pondok dibangun pada tahun 1993 – 1995, dan diresmikan pada tahun 2000. Luas waduk Pondok sendiri sekitar 2596 ha, dan diperkirakan dapat menampung air hingga 29juta meter kubik jadi dapat dilihat hamparan air seperti danau dengan latar belakang perbukitan yang hijau. Volume waduk pada :

  • Muka Air (MA) banjir : 38,1 juta m3
  • Muka Air (MA) normal : 30,9 juta m3
  • Volume Mati : 2,9 juta m3
  • Vol. Efektif : 28 juta m3

Untuk tipe Bendungan ini, berdasarkan materi dan struktur bangunan diklasifikasikan sebagai urugan batu dengan inti tanah dengan panjang puncak mencapai 298 m dan tinggi di atas dasar sungai : 30,67 m. Lebar puncak : 8 m, Tinggi di atas galian terdalam : 32 m, Elevasi puncak : EI + 110 m, Volume tubuh bendungan : 300.000 m3. (berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>