Tehnik Dasar Mancing Barramundi

Tehnik Dasar Mancing Barramundi

Tehnik Dasar Mancing Barramundi

Kakap Putih atau disebut juga Barramundi di daerah Semarang Jawa Tengah dikenal juga dengan nama lain: Pelik (dibawah 1kg), Ceplek (antara 1-2kg),  Kakap (diatas 2kg). Tapi sering mancing mania hanya menyebut Ceplek untuk semua ukuran. Ikan barramundi bentuknya sangat gagah dan kekuatan tarikannya sangat hebat. Habitat ikan ini kalau di laut menyukai air dengan kedalaman 2-8 meter, berbatu-batu/karang, terowongan-terowongan beton/bambu atau disekitar akar-akar bakau yang tepat berada di tepi laut. Untuk kedalaman 10 meter masih bisa dihuni Kakap asalkan ada rumpon besar seperti kapal karam atau lainnya.

Muara sungai dan sungai yang berdekatan dengan laut juga disukai terutama oleh ikan-ikan Kakap babon yang berukuran besar. Karena sepertinya mereka kimpoi dan bertelur di sungai yang bermuara langsung ke laut. Ikan ini dikenal sebagai ikan yang susah dipancing karena kesensitifannya dan kehati-hatiannya. Barramundi ada 2 jenis yang hanya berbeda pada matanya. Yang pertama bermata coklat bening tanpa pupil, kalau terkena sinar bisa menyala dan biasanya beraktifitas pada malam hari. Yang kedua barramundi dengan mata berpupil seperti ikan lain pada umumnya.

Waktu makan Kakap biasanya dimulai jam 16.00-17.00 dimana angin laut mulai meredup, kemudian angin berubah menjadi angin darat sebentar kemudian angin timur. Selama angin tidak terlalu kencang Kakap masih mau makan. Sekitar jam 23.00-24.00 saat angin berubah Tenggara sehingga Kakap berhenti makan sampai angin dari timur muncul lagi sekitar jam 03.00-04.00 sampai jam 08.00. Kalau angin masih bagus kadang Kakap masih ada yang mau makan.

Cara mancing kakap putih Ada beberapa tehnik / cara : 

Tehnik di koncer / ngoncer : Tehnik ini mudah dilakukan karena umpan tinggal di lemparkan saja dan joran di tancapkan / diletakkan di pinggir tanggul tinggal menunggu ikan memakan umpan. Rangkaian pancing tunggal. kail di ikat di leader /tali pandu 60 lbs – 100 lbs. panjang leader 30 cm – 50 cm. urutannya kail–leader–kili2–kenur. Cara Tehnik ngoncer sering juga dilakukan dengan joran selalu aktif di pegang dan kenur di tarik ulur perlahan-lahan agar udang putih hidup selalu aktif berenang menyelam. Dan ikan terangsang untuk memakan umpan. Hanya memang tehnik ini dilakukan dengan latihan rutin agar bisa merasakan gerakan larinya udang/umpan hidup tersebut.

Saat umpan di makan ikan maka sebaiknya dikasih efect back drop (mengulur kenur 3- 5 meter) baru joran di sentakkan saat kenur sdh menegang . Sehingga saat joran di tancapkan di tanggul kenur harus di jepit dg karet gelang yg dilingkarkan di dekat gagang joran (jgn kencang sekali) dan kenur di beri spare agar terulur 3- 5 meter. Apabila spot berupa tonggak bambu/kayu, rumpon, sebaiknya joran selalu di pegang dan umpan aktif di mainkan cara ini lebih efektif .

Tehnik ngelicir / gantung : Tehnik ini biasanya joran selalu aktif di pegang sambil kenur di mainkan pelan-pelan. Kecuali sesekali joran bisa saja di letakkan pasif dan umpan tetap tergantung minimal 50 % kedalaman air. Tehnik ini lebih efektif bila memancing di spot bebatuan atau rumpon atau patok bambu/rumpon pohon tumbang dan jaraknya terjangkau joran.

Saat umpan dimakan ikan maka joran hanya di turunkan 30 cm ke bawah dan langsung di sentakkan (agar ikan tdk masuk ke rumpon). Biasanya tehnik ini kail akan menancap dimulut ikan tidak sampai tertelan masuk ke perut ikan, berbeda bila kail ditancapkan di dekat ekor udang, perlu diberi efect backdrop (mengulur kenur 2-3 meter ) baru joran di sentakkan, biasanya ikan sudah masuk ke rumpon dan kenur sering putus.

Tehnik memakai umbul / pelampung : (bisa dibuat dari gabus/stryrofoam) . Tehnik pakai pelampung biasa di lakukan di spot rumpon 2 yg tdk terjangkau joran dan joran sebaiknya selalu aktif di pegang/diletakkan dekat anda. Agar bisa cepat reflek ngangkat dan menyentak joran saat ikan makan umpan. Cara pemasangan kail ke umpan sama dengan ngelicir atau gantung. hanya tehnik ini lebih bisa dilihat mata saat umpan dimakan ikan, pelampung akan langsung tersentak masuk kedalam air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>