Teknik Mendeteksi Pelampung

Teknik Mendeteksi Pelampung

Teknik Mendeteksi Pelampung

Waktu yang tepat untuk menggentak joran adalah setelah melihat gerak pelampung naik turun (ngetrik) Mendeteksi gerakan pelampung dan menggentaknya adalah the moment of truth buat pemancing ikan mas. Saat terpenting yang harus di perhatikan dengan seksama. Tiap Ikan Mas berbeda cara makannya. Perbedaan ini menghasilkan gerakan pelampung yang berbeda pula. Ikan berukuran sampai 1 kg (disebut ikan rame) biasanya makan dengan cara yang kasar. Pelampung akan langsung tenggelam saat umpan disambar, intinya saat pelampung langsung tenggelam adalah saat harus menggentak joran. Dan gerak pelampung yang tenggelam ini sangat mudah untuk dideteksi. Untuk Ikan Mas yang besar atau yang makannya terlalu penakut gerakan pelampung mungkin hanya sekali saja, bergerak naik sekali atau bergerak turun sekali, bila saat itu lengah maka hanya akan mendapatkan umpan habis termakan.

Untuk lebih jelasnya, pendeteksian mengenai gerakan pelampung akan diilustrasikan seperti gambar-gambar berikut. Dengan demikian akan diketahui kapan saat yang tepat harus menggentak joran. Pelampung yang dipakai adalah tipe pelampung yang terbuat dari bulu ayam merak. Pelampung bulu yang berbentuk bulat panjang ini memang paling populer dan paling banyak dipakai untuk mancing Ikan Mas.

1. Ikan Makan Secara Kasar
Dua gerakan pelampung di bawah ini menandakan umpan tengah dimakan ikan. Yang satu gerak pelampung turun naik secara cepat. Ini karena cara makan ikan yang kasar melahap umpan. Yang lainnya bahkan menyebabkan pelampung tenggelam dikarenakan setelah melahap umpan, ikan langsung bergerak maju ataupun mundur.

2. Ikan Makan dan Langsung Lari
Pelampung tiba-tiba saja tenggelam. Ini adalah gerak pelampung yang paling mudah dibaca. Akan tetapi ada dua kemungkinan yang menyebabkan tenggelamnya pelampung tersebut. Pertama karena Ikan Mas melahap umpan kemudian melarikan diri atau bergerak menjauh dengan tetap berenang di dasar perairan. Kedua karena ikan sebenarnya tidak memakan umpan melainkan tersangkut pada kenur, rangkaian kail atau kail, kemudian ikan tersebut kaget dan lari.

3. Ikan Makan Lalu Bergerak Naik
Pelampung yang tiba-tiba rebah kemudian terseret namun pelampung masih tetap terlihat di permukaan air, juga menandakan bahwa umpan telah dimakan ikan, biasanya ini terjadi akibat Ikan Mas melahap umpan kemudian bergerak naik dari dasar perairan dan menjauh. Bila ikan hanya bergerak naik biasanya pelampung akan rebah saja di tempat.

4. Ikan Makan Secara Halus
Isyarat pelampung yang bergerak turun satu ruas atau naik satu ruas adalah gerak yang paling sulit dibaca apabila pelampung kurang diawasi. Biasanya gerak ini adalah ulah Ikan Mas besar yang menyambar umpan namun segera memuntahkannya lagi. Bila mendapati gerak pelampung seperti ini, jangan ragu untuk menggentak joran seketika itu juga.

carp-feed-two

Sumber : mancinginfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>