Kopitiam Oey

Bagi anda penikmat kopi sejati pasti sudah sering mendengar kedai kopi yang satu ini “Kopitiam Oey”. Dari namanya, kita sudah dapat menebak bahwa kedai kopi ini kental dengan nuansa Cina, dan memang benar demikian. Dari penampilan luarnya, kedai kopi ini memberikan nuansa Cina yang cukup kental. Apabila anda masuk ke dalamnya, suasanya klasik akan sangat terasa. Suasana klasik dan antik dibangun dengan gambar-gambar yang menempel di dinding, iklan-iklan jaman dulu, dan juga dengan perabot seperti kursi dan meja yang menambah kesan klasik namun anggun.

Meskipun tempat ini memilih gaya klasik sebagai daya tariknya, tapi Anda masih dapat menemukan sentuhan modern di tempat ini, yaitu dengan adanya jaringan wi-fi. Jadi, bagi Anda yang gemar dengan jejaring sosial dan juga berselancar di dunia maya, tempat ini akan menjadi tempat yang menyenangkan bagi Anda untuk melakukan aktifitas tersebut sambil menikmati kopi dan hidangan-hidangan lainnya.

Asal Muasal nama Kopitiam Oey

Asal muasal (sejarah) nama KOE ini cukup manrik untuk kita simak. Kopitiam berasal dari kata “kafe tien” dalam dialek Hokkien yang berarti “warung kopi”. Kopitiam Oey- di jaman voor de oorlog disebut Koffiehuis Oey-pertama kali dibuka di jalan Haji Agus Salim 19, Jakarta Pusat.

Sementara dari wikipedia nama Kopitiam dijelaskan sebagai berikut: Kopitiam atau kopi tiam adalah kedai kopi dan sarapan tradisional di Malaysia dan Singapura. Di Indonesia, kopitiam terutama ada di kota Batam dan Medan. Istilah kopitiam berasal dari gabungan kata kopi (bahasa Melayu) dan kata tiam yang berarti kedai dalam bahasa Hokkien.

Kopi Tiam Oey adalah jaringan kedai kopi milik kepala suku Jalan Sutera, Bondan Winarno yang terkenal dengan idiom “maknyus”. Kopi Tiam adalah terjemahan kedai kopi dengan dialek Cina yang banyak dipakai di Singapura. Selain kopi, teh, atau Milo, makanan yang disediakan adalah beraneka ragam sajian sederhana, seperti telur rebus, roti bakar dengan selai srikaya. Seperti layaknya sebuah kedai, makanan yang ditawarkan di sini cenderung ringan, berupa cemilan bukan makanan mengenyangkan.

Kedai Kopi Tiam  Oey Juga Berada di :
Kopitiam Central Park
Central Park Mall LG #L-141 & 142, Jl. Let.Jend.S.Parman Kav.28
Jakarta – 11470
No. Telp: 021-29200136
Kopitiam Gandaria City Mall
Gandaria City Mall Lower Ground – L63
Jl. KH.M Syafi’i Hadzami No.8 Gandaria, Kebayoran Lama
Jakarta Selatan – 12240
No. Telp: 021-29053109
Kopitiam Tune Pasar Baru
Jl. KH Samanhudi no 25  Jakarta Pusat
No. Telp: 021-38902172
Kopitiam Bekasi
Ruko Bumi Satria Kencana kav B10
Jl. KH Noer Ali, Kalimalang, Kayuringin Jaya. Bekasi Selatan
No. Telp: 021-44444070
Kopitiam Manado
Jl. Piere Tendean Kawasan Megamas Blok. D1/26, Manado
Telp: 0431-879779
Kopitiam Bandung
Jl Braga no 45 Rt 01/08 Kel Braga Kec Sumur Bandung, 401111
Telp: 022-4260612
(berbagai sumber)