Pantai Sawarna

Siapa bilang pantai cantik cuma ada di Bali. Tak perlu jauh-jauh, sebab Banten juga punya Pantai Sawarna. Liburan seru penuh warna, datang saja ke Pantai Sawarna !!

Kawasan Pantai Sawarna yang membentang di pantai selatan Lebak, Provinsi Banten, dalam satu dasawarsa terakhir muncul sebagai tujuan wisata baru. Kawasan hutan pantai yang dulu terkenal sebagai desa siluman itu kini bangkit sebagai tujuan wisata yang lebih menarik daripada Pelabuhan Ratu di Sukabumi yang berada dalam satu garis pantai di kawasan itu. Kawasan ini dapat dikatakan sebagai mutiara baru di selatan Banten.

petunjuk-jalanSayangnya jalan menuju lokasi ini dari Jakarta belum mulus, pantai yang terletak di Bayah, Lebak, Banten ini memiliki akses yang kurang bersahabat. Aspal di dekat jalannya banyak yang rusak dan sulit dilalui. Akan tetapi, setelah Sesampainya di Pantai Sawarna semua hal negatif tentangnya pun hilang seketika. Ternyata pantai ini cukup eksotis dan memukau. Bahkan beberapa turis terlihat sedang berselancar menikmati ombak tinggi pantai ini. Kalau sudah begini, tak ada alasan lagi untuk tidak bersenang-senang di Sawarna.

Sawarna mulai dilirik wisatawan lokal dan asing sejak tahun 2000. Sekarang sudah dikenal di seluruh dunia lewat internet. Kini banyaknya wisatawan, mencapai ratusan orang perhari, membuat penduduk setempat menyulap rumah mereka menjadi homestay dengan tarif relatif murah, sekitar Rp 120.000 semalam per orang termasuk makan.

Puas menikmati pemandangan pantai, di sekitar Sawarna juga terdapat objek wisata lainnya. Sebut saja Pantai Tanjung Layar, Laguna Pari, Karang Teraje, Gua Lalay, Karang Bokor (Cipamadangan),  Pulau Manuk dan masih banyak lagi.

Untuk menuju kawasan Sawarna, wisatawan dari arah Jakarta bisa melalui Tangerang, Tigaraksa, lalu Malimping, Bayah. Sedangkan dari arah Bandung bisa melalui Pelabuhan Ratu, lalu menyusuri pantai ke arah barat. Tentu harus banyak tanya di jalan, karena petunjuk arah menuju kawasan ini belum memadai.

Tetapi jangan kaget kalau banyak penduduk Lebak sendiri yang belum tahu dan bahkan belum pernah mendengar tentang Sawarna. (detiktravel)

1 Response

  1. sawarna says:

    mantab dan keren perjalanannya..

    kunjungi juga website pantai sawarna ya