Bandrek dan Bajigur

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman minuman tradisional daerah, diantaranya bandrek dan bajigur. Bandrek dan Bajigur merupakan minuman tradisional khas bumi parahyangan (sunda), Jawa barat. Keduanya memiliki kandungan jahe sehingga cocok diminum di udara dingin.

Bandrek
Bandrek merupakan minuman yang terbuat dari campuran gula aren dan jahe yang merupakan bahan dasar yang paling penting pada bandrek, serta campuran beberapa rempah-rempah alami untuk memperkuat efek hangat pada bandrek seperti: lada, cengkeh, kayu manis, pandan dll. Selain itu juga terdapat lembaran daging kelapa didalam bandrek. Ada juga bandrek yang disajikan dengan ditambahkan susu yang disebut bandrek susu, keduanya sama-sama nikmat. Minuman ini biasa di hidangkan pada cuaca dingin, seperti dikala hujan atau malam hari. Bandrek juga dapat menyembuhkan sakit tenggorokan. Ada juga bandrek yang dikhususkan untuk orang dewasa karena efek panasnya.

Bajigur
Bajigur adalah minuman yang terbuat dari gula aren, jahe, santan, dan daun pandan juga sedikit campuran rempah, dan ditambah butiran jelly atau kolang kaling. Rasa minuman ini manis dan gurih biasa dinikmati bersama pisang rebus, ubi rebus, kacang rebus dan roti tawar. Minuman ini biasanya dijual dengan menggunakan gerobak yang disertai kompor karena lebih nikmat disajikan dalam keadaan hangat.

Kedua minuman ini dapat disajikan dalam keadaan panas maupun dingin. Selain rasanya yang khas dan enak, Bandrek dan Bajigur juga sangat berkhasiat, diantaranya untuk menghangatkan tubuh , melegakan tenggorokan, meningkatkan stamina, sehingga sangat baik untuk kesehatan. Karena terbuat dari bahan-bahan alami (herbal) Bandrek dan Bajigur aman untuk di konsumsi dan tidak menimbulkan efek samping.

Kepopuleran bandrek dan Bajigur di Indonesia telah membuat minuman ini tersedia di pasaran dalam kemasan bubuk instan berbagai merk. Tidak jarang versi instan ini dikombinasikan dengan kopi dalam kemasan tersebut. Berikut beberapa merk dagang bandrek dan Bajigur:  Bandrek & Bajigur “J-mix”, Bandrek & Bajigur “Abah”, Bandrek & Bajigur “Dua Cangkir”, dan Bandrek & Bajigur “My & Me”. Selain dijual berkeliling, bandrek dan bajigur bisa ditemukan di pusat jajanan, Jl. Cisangkuy, Ciwidey, Jawa barat, atau kedai-kedai bandrek dan bajigur lainnya.

(Berbagai Sumber)