• -6.153636, 106.792756

Gethuk Pisang

Gethuk Pisang

Gethuk Pisang

Selain dikenal sebagai Kota Tahu, Kediri juga memiliki jajanan khas yang sangat terkenal yaitu gethuk gedang/pisang. Getuk pisang ini dikemas dengan bungkus daun pisang dan berbentuk seperti lontong. Makanan ini sangat familiar jika anda datang ke Kediri. Rasanya yang manis legit akan menggoda selera anda untuk selalu ingin menikmatinya. Gethuk pisang biasanya juga disebut gethuk gedhang dalam bahasa jawa dan dikemas dengan bungkus daun pisang dan berbentuk seperti lontong.

Keberadaan gethuk sebagai jajanan khas Kediri sudah ada sejak turun temurun, belum jelas dari mana asal usul gethuk pisang itu sendiri. Harga yang ditawarkan cukup murah berkisar antara Rp 2.500-Rp 5.000, cukup tidak menguras kantong bukan?!. Gethuk pisang bisa didapatkan di sepanjang jalan menuju Kediri. Biasanya juga ditawarkan oleh pedagang asongan di bis-bis maupun di lapak-lapak pinggir jalan sampai pusat oleh-oleh khas Kediri.

Selaras dengan namanya, gethuk pisang tentu saja berbahan dasar dari buah pisang, biasanya dari jenis pisang raja nangka. Pisang jenis ini menjadi pilihan utama karena bentuknya yang bulat panjang dan bisa mencapai ukuran 15 cm.Keistimewaan lain dari pisang raja nangka, yang dikenal sebagai pisangnya raja-raja, adalah aromanya yang khas dan rasanya yang lain daripada yang lain, yakni perpaduan dari rasa asam dan manis alami meskipun tanpa diberi tambahan gula. Rasa asam manis inilah yang membuat rasa gethuk pisang menjadi berkesan.

Gethuk Pisang biasanya menjadi usaha industri rumahan yang dilakukan secara mandiri oleh masyarakat. Cara pembuatan gethuk pisang pun terbilang cukup sedernaha. Pilih pisang raja nangka yang masih setengah matang, kemudian dikupas kulitnya. Setelah itu, pisang dikukus selama beberapa jam hingga warnanya berubah menjadi kemerahan. Selagi masih panas, pisang yang sudah berubah aura tersebut lalu ditumbuk sampai halus dan dibungkus dengan daun pisang. Jadilah sudah gethuk pisang yang dijamin bikin ketagihan itu.

Gethuk pisang adalah makanan alami, tanpa tambahan zat apapun, termasuk gula dan bahan pengawet. Oleh karena itu, gethuk pisang hanya bisa bertahan selama dua hari pada suhu kamar atau sekitar empat hari jika disimpan di dalam lemari pendingin. Gethuk pisang ini nikmat dinikmati selagi hangat, namun tidak kalah sedap disantap ketika sudah beranjak dingin. Banyak tempat di Kota Kediri yang menyediakan gethuk pisang untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

Hampir semua toko oleh-oleh khas Kediri selalu tersedia gethuk pisang, seperti yang terdapat di sepanjang Jalan Yos Sudarso dan Jalan Pattimura, Kota Kediri, dan sentra penjualan makanan khas Kota Kediri lainnya. Apabila Anda menginginkan gethuk pisang khas Kediri untuk oleh-oleh, Anda dapat membelinya di toko-toko itu, namun sekali lagi harus diingat, karena bahan-bahan dan proses pembuatan gethuk pisang dilakukan secara natural, maka Anda harus memperhitungkan juga daya tahan si gethuk pisang yang manis legit namun tidak tahan lama ini.

Gethuk Pisang ini bisa menjadi peluang bisnis bagi anda untuk dipasarkan di daerah anda. Mengingat hal ini cukup potensial karena di kota besar seperti Jakarta masih sangat jarang yang menjual jajanan tradisional khas Kediri ini.

(Berbagai Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>