• -6.153636, 106.792756

Sotong Pangkong

Sotong Pangkong

Setiap daerah di Indonesia memiliki kudapan atau sajian khas selama bulan Ramdhan ini. Di Pontianak ada jajanan khas ramadhan yang hanya ada setahun sekali, yaitu saat ramadhan saja. Makanan tradisional berupa cumi kering yang dibakar yaitu sotong pangkong, dibakar dengan pengapian arang kemudian disajikan dengan sambal yang istimewa, ada pula yang menggunakan kacang tanah dan ada yang menggunakan jeruk nipis. Rasa makanan satu ini sangatlah gurih dan pengolahannya pun sedikit unik. Setelah dibakar cumi atau sotong dipukul-pukul menggunakan palu.

Setiap Ramadhan disepanjang Jalan Merdeka Pontianak akan ditemukan banyak pedagang kecil yang menyajikan makanan khas Pontianak. Warga Pontianak kerap menyebutnya Sotong Pangkong sebab sebelum disajikan cumi dipukul-pukul atau di pangkong dalam bahasa Pontianaknya.

Makanan ini terbuat dari cumi yang dikeringkan lalu dibakar dengan menggunakan arang, setelah dibakar maka cumi ini akan dipukul-pukul menggunakan palu. Tujuannya agar rasanya gurih, sotong pangkong banyak peminatnya harganya pun cukup terjangkau. Satu porsi sotong pangkong dihargai antara 5 hingga 20 ribu rupiah tergantung besar kecilnya sotong.

Sotong pangkong akan terasa nikmat bila dimakan dengan saos cabe dan cuka sehingga rasanya lengkap dari manis, asin, gurih dan pedas. Penggemar sotong pangkong atau cumi kering pangkong ini beragam dari anak kecil, remaja hingga orang tua. Mereka selalu menyempatkan diri mencicipi sotong pangkong ini sebab hanya bisa ditemukan saat bulan Ramadhan.

Untuk memberikan pelayanan dan rasa yang terbaik, ada dua menu sotong pangkong. Yaitu usai dibakar sotong tersebut dipangkong secara tradisional hingga kelihatan empuk untuk dikunyah, menu berikutnya sebelum dibakar sotong kering tersebut digiling terlebih dahulu agar lebih lembut.

Usai shalat tarawih adalah puncak kesibukan bagi para pemilik warung. Sebab secara serentak para jamaah masjid menyerbu warung untuk memesan sotong pangkong.

Sotong pangkong yang berada di sepanjang jalan Merdeka Barat tergolong jajanan yang ekonomis, makanya tak heran jika setiap bulan Ramadhan sotong pangkong menjadi makanan yang digemari semua lapisan masyarakat.

(Berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>