Tahu Gejrot, Makanan Asli Indonesia

Di tengah banyaknya jenis makanan dan resep baru yang ada, mungkin kita sempat terlupa dengan makanan yang satu ini. “Tahu Gejrot” makanan asli Indonesia yang berbahan dasar tahu, saat ini memang sudah sangat jarang ditemukan bahkan bisa dibilang sulit. Makanan yang berasal dari Cirebon ini memang memiliki cita rasa yang unik, paduan rasa asam, manis dan pedas sekaligus bisa membuat kita ketagihan untuk terus mencicipinya.

Kesan tradisional akan lebih terasa apabila dalam penyajiannya menggunakan piring khusus, yaitu piring kecil dari tembikar. Tidak perlu sendok untuk menyantapnya, cukup dengan lidi kecil atau tusuk gigi untuk mengangkat potongan tahu yang sudah disirami dengan air gula merah berbumbu ini.

Apakah untuk menyantapnya kita harus ke Cirebon? Tidak perlu. Karena kita bisa membuatnya sendiri, simak saja resepnya berikut ini:

Bahan:
– Tahu gembos tawar
– Bawang merah & putih
– Gula jawa
– Cabe rawit
– Garam

Untuk kuahnya:
-Air
-Kecap manis
-Air asam/cuka

Cara membuatnya :
– Goreng tahu sampai matang. Kemudian digunting menjadi bagian-bagian kecil.
– Ulek kasar cabe rawit, bawang merah, bawang putih dan garam.
– Sisihkan.

Untuk membuat kuah: masukkan air, gula merah, kecap manis, air asam, direbus sampai matang hingga terlihat kuah berwarna kecokelatan. Ambil tahu lalu taruh bumbu yang diulek kasar lalu siram dengan air gula merah yang sudah berbumbu.

Sumber : Esabiwibowo