Wedang Jahe

Jahe
Jahe merupakan tumbuhan herbal yang tergolong tumbuhan rempah yang digunakan sebagai bumbu masak dan untuk membuat wedang jahe selain untuk hal tersebut jahe berkhasiat besar sebagai obat herbal suatu penyakit. Tanaman jahe tak sulit lagi untuk ditemukan, karena jahe sudah terpopuler di negeri ini. Jahe bagus untuk kesehatan bagi tubuh kita. Salah satu khasiat jahe adalah sebagai obat herba atau obat tradisional sejak jaman dahulu kala.

Wedang jahe merupakan salah satu minuman tradisional yang biasa dinikmati saat musim penghujan. Saat musim hujan, orang banyak mengkonsumsi wedang jahe sebagai penghangat tubuh. Wedang jahe biasa diminum hangat-hangat. Wedang jahe biasa dijual di kedai-kedai pinggir jalan atau kita bisa membuat sendiri wedang jahe di rumah.

Bahan baku utama pembuatan wedang jahe adalah jahe. Rempah ini masuk dalam daftar 10 besar makanan penghancur lemak. Jahe merupakan edible amphetamine, yaitu zat yang dapat meningkatkan metabolisme sebesar 20 persen. Meningkatnya sistem metabolisme tubuh berarti dapat mempercepat proses pencernaan makanan, sehingga tidak menyebabkan penumpukan lemak di tubuh.

Jahe dapat berfungsi melebarkan pembuluh darah dan membakar lebih cepat kalori menjadi panas tubuh dengan cara yang mirip dengan bawang putih, cabai, lada, kayu manis, mustard dan kari. Selain itu, jahe hanya sedikit mengandung kalori, yaitu sekitar 1 kalori per gram, sehingga tidak akan berkontribusi untuk menaikkan berat badan.

Tak hanya menurunkan berat badan, jahe juga sudah lama dikenal sangat bermanfaat untuk kesehatan. Jahe dapat mengobati radang sendi, gangguan pencernaan, pembekuan darah, kolesterol jahat, sampai efek samping kemoterapi. Bahkan ada pula yang mengatakan bahwa jahe bisa dijadikan sebagai obat jerawat.

Cara Membuat Wedang Jahe
Ada beberapa cara membuat wedang jahe, pertama dengan memasukkan parutan jahe ke dalam cangkir yang kemudian di seduh dengan air mendidih di atasnya. Cara lain dengan memasukkan irisan atau potongan jahe ke dalam panci berisi air dan dididihkan hingga air berubah warna menjadi kuning keemasan.

Khasiat Jahe

1. Membantu pencernaan
Jahe yang terkenal mengandung ensim protease dan lipase ini mampu membantu pencernaan kita, karena kedua zat tersebut mampu mencerna lemak yang ada didalam tubuh kita.

2. Menurunkan kolestrol
Sifat Antikoagulan yang terdapat pada zat Gingerol ini diyakini mampu membatu peredaran darah supaya menjadi lebih lancar, selain itu zat Gingerol yang terdapat pada jahe juga mampu menurunkan kolestrol.

3. Mengatasi mual
Jahe yang memiliki rasa berangin, pedes panas ini juga mampu mengatasi mual, baik itu mual karena mabuk kendaraan atau mual karena masuk angin.

4. Menambah nafsu makan
Gingerol yang terdapat pada jahe juga mampu membatu menambah nafsu makan dan juga katanya mampu menguatkan otot usus.

5. Obat batuk
Jahe juga bisa menjadi obat batuk, zat yang terdapat pada jahe mampu memperlancar dahak supaya menjadi encer sehingga mudah untuk dikeluarkan.