Lontong Balap

Bicara soal kuliner khas Surabaya, Jawa Timur, pastikan tak melewatkan lontong balap. Di kawasan Jalan Kranggan kita bisa mendapatkan beberapa penjual lontong balap yang enak rasanya. Karena dulu pernah ada gedung bioskop yang bernama Garuda, lontong balap di sini kemudian dikenal pula dengan nama lontong balap garuda. Saat ini ada lima penjual lontong balap yang salah satunya milik Imron. Laki-laki ini mewarisi usaha ayahnya yang sudah berjualan sejak 1966 lalu. Sudah 15 tahun lamanya Imron melanjutkan usaha lontong balap ini.

Lontong balap terdiri dari irisan lontong dicampur dengan irisan tahu dan kudapan yang disebut lento dan terbuat dari campuran tepung dan kedelai. Tidak hanya itu, kuah sayur toge juga ikut menghiasi. Jika suka, bisa ditambah dengan sambal. Untuk satu porsi lontong balap Anda hanya mengeluarkan uang Rp 6.000. Agar lebih nikmat, Anda juga bisa menambahnya dengan sate kerang serta menutupnya dengan minuman es degan. Jika seluruh proses ini dilalui, dijamin Anda akan merindukan kembali untuk berkunjung ke Jalan Kranggan dan menikmati lezatnya lontong balap.

Di antara gempuran makanan budaya barat seperti fried chicken, pizza dan makanan olahan lainnya, terbukti lontong balap Garuda tetap bisa bertahan sampai sekarang. Ini menunjukkan bahwa lontong balap merupakan salah satu aset budaya kuliner masyarakat Surabaya dan Jawa Timur yang melekat erat, mendarah daging, mbalung sumsum tidak tergoyahkan oleh perubahan jaman.

Alamat : Jl. Kranggan (depan ex bioskop Garuda), Jl. Krembangan Timur (depan SPBU Rajawali), Jl. Sumbawa dan Gubeng (dekat BNI).

(berbagai sumber)