Soto Ayam Cak To

Soto ayam, siapa yang tidak pernah makan, pasti semua sudah pernah mencoba. Jenis soto di Indonesia ini memang beragam, sesuai daerah asalnya. Soto dari setiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing. Bandung punya soto namanya soto bandung, Makassar terkenal dengan coto Makassarnya, nah kalau dari Jawa Timur ada soto lamongan yang sudah bisa didapati di kota-kota besar seperti Jakarta.

Salah satu soto lamongan yang terkenal di Surabaya yaitu Soto Ayam Cak To yang terletak di daerah Undaan Wetan, tepatnya setelah RS Adi Husada, ciri-ciri warung ini adalah adanya antrian panjang para pelanggannya pada siang hari. Menu yang disajikan yaitu soto ayam, keistimewaan warung ini adalah pembeli bisa memilih potongan daging ayam bagian mana yang ingin dimakan,  soto ayam dengan daging paha saja atau bagian dada saja, jika suka bisa ditambahi kulit atau bisa juga ditambahkan jeroan.

Soto yang satu ini selalu ramai setiap harinya, rata-rata pengunjungnya pegawai bank, marketing otomotif, dan lain-lain. Keistimewaan dari soto ini adalah terletak di koyanya yang terbuat dari Krupuk Udang dan Bawang Putih. Hindari makan waktu jam makan siang karena parkirannya pasti agak susah. Buka pukul 08.30 – 15.00.

Rasa
Soto ayam disajikan dengan ayam kampung, yang notabene rendah lemak. Kuah yang tersaji pun tidak kental dan terlihat bening. Kalau dirasa kuahnya masih kurang kental, di warung ini juga menyediakan koya (terbuat dari kerupuk udang yang di tumbuk hingga halus bersama dengan bawang putih) secara gratis. Dalam 1 porsi sotonya pun tersaji potongan telor rebus. Daging ayam yang diiris kedalam 1 porsi soto pun lumayan banyak.

Harga
Harga yang ditawarkan untuk semangkok soto ayam lezat ini hanya berkisar Rp 8000 – Rp 10.000, tergantung dari potongan tubuh ayam yang dipesan. Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati semangkuk soto ayam lezat ala Cak To.

Soto Ayam Cak To
Jl. Undaan Wetan, Surabaya
(Setelah Bekas Dealer M Surabaya Timur/Genteng)

(Berbagai Sumber)