Nasi Uduk Ungu & Hijau di RM. Mamih

Nasi uduk yang kita kenal biasanya berwarna putih. Yang membedakannya dari nasi putih biasa hanya rasa gurihnya. Namun bagaimana dengan nasi uduk ungu dan hijau ?

Dua macam nasi uduk itu bisa ditemukan di Rumah Makan Mamih di Sukabumi, Jabar.  Rumah makan di Jalan Brawijaya No. 3 itu memang memiliki menu andalan nasi uduk hijau dan nasi uduk ungu. Menurut Carolina, supervisor RM Mamih, ide pembuatan nasi hijau dan nasi ungu ini berawal dari kreasi sang pemilik. “Kalau warna hijau idenya karena bentuk (warna)-nya ke alam. Karena kita ‘kan tempat makannya di luar, jadi yang kehijau-hijauan. Sedangkan yang ungu kita kreasi, unik,” ujarnya.

Warna hijau dan ungu tersebut berasal dari bahan alami. Warna hijau dihasilkan dari bayam dan sedikit cabai hijau. Sementara warna ungu didapatkan dari buah bit dan ubi ungu. “Kita cari buah apa yang bisa menghasilkan warna tanpa dibuat-buat. Semuanya alami,” lanjut Carolina. Penambahan ubi ungu, sambung dia, diperlukan untuk mengikat warna dan menetralisir warna yang dihasilkan oleh buah bit. “Kalau buah bit, sedikit saja sudah ungu banget. Jadi kalau dengan ubi warnanya jadi lebih menempel dan kalem,” jelasnya lebih jauh.

Masakan khas Sunda adalah makanan yang di masak dan diberi bumbu khas sunda, makanan khas sunda ini sudah sangat akrab di lidah masyarakat terutama di kota kota besar hal ini bisa dilihat menjamurnya rumah makan sunda yang menjamur di mana mana.

Menu Andalan :

  • Nasi Uduk Ungu – Ayam Goreng kalasan
  • Nasi Uduk Hijau – Ayam Goreng mentega

Khas Sunda :

  • Nasi Liwet
  • Nasi Tibel
  • Nasi Tutug
  • Sayur Asem + lalaban

Aneka Nasi Goreng :

  • Nasi Goreng Seafood
  • Nasi goreng special
  • Nasi goreng keju
  • nasi goreng biasa

Soal rasa boleh diadu. Kedua nasi ini mempunyai cita rasa yang berbeda dengan nasi uduk kebanyakan. Untuk nasi hijau misalnya, karena menggunakan sedikit cabai hijau, ada efek sedikit panas akan terasa di lidah saat disantap. Namun, rasa itu tidak terlalu mendominasi seperti rasa gurih yang juga dihasilkan. Sedangkan nasi uduk ungu, rasa ubinya cukup mendominasi. Rasa gurih nasi uduk tetap ada, tapi bercampur sedikit rasa manis dari ubi. Menu ini cocok bagi yang tidak suka pedas.

Kedua nasi uduk ini dihidangkan dengan lauk yang cukup lengkap. Satu porsi nasi uduk hijau atau ungu dilengkapi ayam goreng, irisan telur dadar, tempe dan tahu goreng, lalapan, dan tidak lupa sambal. Mirip-mirip seperti nasi timbel, tapi dengan nasi yang lebih unik. Semua nasi dan lauknya disajikan hangat sehingga lebih nikmat dilahap.

Selain nasi uduk, rumah makan ini pun menawarkan dua jenis minuman andalan dengan warna menarik. “Grenadine Float dan Ice Float Melon,” papar Carolina. Grenadine Float berona merah, sedangkan Ice Float Melon berwarna hijau. Grenadine Float merupakan campuran dari essens grenadine yang dicampur soda, irisan apel, dan tambahan es krim. Sedangkan Ice Float Melon campuran essens melon, soda, irisan melon, dan juga es krim. Kedua minuman ini terasa manis dan segar. Dengan campuran soda, minuman ini terasa berbeda. Ada lagi minuman favorit anak-anak, yaitu blue sky. Minuman ini berupa minuman soda berwarna biru yang dicampur susu kental manis putih. Saat disajikan, minuman ini terlihat ada gradasi warna yang menarik, biru di bagian atas, dan lapisan putih di bagian bawahnya.

Untuk mencari lokasi rumah makan ini lumayan sulit karena hanya terlihat seperti rumah biasa. Tempat makannya terletak di bagian belakang rumah pemilik. Di halaman yang luas dan banyak tanaman itu  dibuatlah saung-saung. Rumah makan yang buka sejak pukul 9 pagi hingga 9 malam ini dapat menghabiskan 200—300 porsi nasi uduk hijau dan ungu per hari. Belum terhitung pesanan nasi kotak yang juga selalu ada setiap hari.

Untuk menikmati seporsi nasi uduk, tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam, cukup membayar Rp14.000. Semua menu makanan dapat dinikmati dengan kisaran harga Rp5.000—Rp20.000 dan minuman Rp2.000—Rp9.000. Sayangnya, setiap hari Minggu, rumah makan ini tutup.

RM. Mamih

Jalan Brawijaya No. 3 – Sukabumi 43123
Tel: 62 6622 6205
Jam Buka : 09.00AM – 21.00PM