Soto Santan Bang Ali

Kota Bogor tak cuma identik dengan Kebun Raya atau Istana Presiden. Kota Hujan ini juga kondang di kalangan para penikmat kuliner. Sedari pagi, siang, hingga malam, beragam jajanan tersaji di sini. Mulai tempat makan kelas kakilima hingga kelas restoran, menawarkan beragam makanan yang variatif: asinan, taoge goreng, roti unyil, hingga soto bogor yang khas.

kalau Anda termasuk pecinta soto Bogor, sudah seharusnya Anda mencicipi lezatnya soto berkuah kental kuning adonan Bang Ali. Soto santan merupakan salah satu makanan khas dari kota Bogor, tapi ada yang beda dari Soto Santan Bang Ali ini. soto santan ini menyajikan “isi” yang digoreng terlebih dahulu.

Lokasi soto Bogor Bang Ali yang terkenal dengan merek Soto Santan Bang Ali ini mudah ditemukan. Silakan pacu kendaraan Anda ke Jalan Pemuda, dekat Gedung Olahraga Pajajaran. Soto Bang Ali berada disana, tepatnya di sebelah pabrik ban Good Year. Bang Ali membuka kedai soto santan ini mulai pukul 07.00 dan tutup pukul 20.00 WIB, setiap hari.

Bang Ali juga pedagang makanan yang berprinsip first come, first served, siapa yang datang pertama akan dilayani duluan. “Ini memang warung soto, tapi kami punya budaya antre,” tegas Bang Ali. Aneka jeroan yang bisa kita pilih seperti otak sapi, usus, babat, paru, daging, kikil dan lain-lain. Jeroan ini sudah digoreng agak kering terlebih dahulu, inilah yang membedakan soto santan Bang Ali dengan soto bogor lainnya yang biasanya menyediakan jeroan yang basah.

Soto santan yang buka pertama kali pada 1975 ini memang sudah kondang. Pelanggannya berasal dari berbagai kalangan: pegawai negeri, karyawan swasta, bintang sinetron, hingga petinggi Polri dan TNI. Mereka jadi pelanggan setia kedai ini. Dari kalangan artis, pemain sinetron Syahrul Gunawan dan personel band Element Ferdy Tahier adalah dua dari sekian banyak pelanggan Bang Ali.

Bang Ali menawarkan menunya dalam tiga pilihan porsi: kecil, sedang, atau besar. Harga porsi kecil berisi dua potong isian Rp 10.000, porsi sedang – yang berisi tiga potong isian – seharga Rp 12.000, dan porsi besar berisi lima potong isian dia pasangi tarif Rp 18.000.
Tak sabar ingin mencoba? Silakan, tapi harus ingat kolesterolnya.

Alamat : Jl. Pemuda, Kios Pasar Hewan No.10-11, Bogor
(setelah pabrik Good Year)

(berbagai sumber)