Tahu Pong Makanan Khas Semarang

Tahu Pong merupakan makanan khas kota Semarang, tahu yang memiliki ciri dibagian dalamnya kosong ini memang sangat nikmat disantap dengan bumbu pelengkapnya. Dan untuk menikmati lezatnya tahu pong ini anda tidak perlu repot untuk pergi ke kota Semarang, bagi warga Jakarta anda bisa datang langsung ke jalan Hayam Wuruk.

Tempat makan tahu pong yang berada di jalan Hayam Wuruk ini baru buka pada sore hari menunggu toko tutup. Pemandangan tempat makan ini sama seperti makanan kaki lima pada umumnya, dengan meja yang besar serta bangku-bangku plastik di emperan toko.

Sangat mudah untuk menemukan tempat makan tahu pong ini, letak tepatnya ada di depan halte busway Harmoni atau diseberang Carrefour Duta Merlin. Dari kejauhan akan terlihat sebuah spanduk  yang bertuliskan, “Tahu Pong Semarang Ayam Kalasan”. Makanan khas Semarang ini ternyata memiliki banyak penggemar di Ibukota ini, pasalnya diwaktu-waktu tertentu akan terlihat antrian pembeli di sana terutama pada jam-jam makan.

Hidangan yang tersedia tidak terlalu banyak karena tempat ini memang menjual Tahu Pong yang khas. Anda dapat memilih Tahu Pong yang terdiri dari 2 jenis yaitu Tahu Pong dengan bagian dalam tahu kosong atau Tahu Emplek yaitu tahu yang bagian dalamnya padat, ada juga Gimbal Udang, Telur, Ayam kalasan, Bandeng Presto dan makanan ringan khas Semarang yaitu Lumpia Semarang. Bagi Anda yang pertama kali berkunjung atau Anda ingin mencicipi semua hidangan yang tersedia, Anda dapat memilih menu-menu paket Tahu Pong Gimbal Telur atau Tahu Pong Emplek Gimbal Telur dengan harga Rp 13.000,-

Tahu Pong disajikan bersama saus encer berwarna coklat yang merupakan campuran dari gula merah, kecap manis, bawang putih dan petis udang. Anda juga dapat menambahkan sambal dan acar lobak putih yang tersedia di meja. Saus petis ini menjadi pelengkap yang sangat pas untuk dicocol dengan Tahu Pong. Untuk makanan  Gimbal Udang atau Bakwan Udang. Disajikan dengan digoreng kering, Gimbal Udang terasa renyah. Dengan udang cukup banyak dan berukuran besar dibalut tepung membuat gorengan ini sangat nikmat. Menikmati Tahu Pong terasa lebih nikmat jika dimakan bersama nasi putih. Anda dapat memesan Nasi Putih dengan membayar Rp 3.000,-. (kumpulan.info)