Takumi Robata & Sushi

Berbagai hidangan mulai masuk di Indonesia. Tak hanya aneka hidangan Barat saja, namun juga dengan makanan khas Asia lainnya. Salah satunya adalah Jepang. Di tanggal 8 Februari 2013 yang lalu, PT. Graha Lestari Andrawina membuka salah satu restoran Jepang yang diberi nama Takumi Robata & Sushi. Lokasinya ada di Senayan National Golf Klub yang beralamat di Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta Selatan.

2Takumi Robata & Sushi menyediakan hidangan yang khas dan otentik Jepang. Robatayaki dan sushi menjadi hidangan andalan di sana, dimana cara memasaknya dengan mempertahankan keaslian dari Hokkaido. Tak hanya itu saja, bahan baku dan bumbu yang digunakan sangat terjaga kesegaran dan kualitasnya. Menu-menu yang dapat ditemukan di restoran berkapasitas hingga 200 orang itu adalah Charcoal Grilled Salmon with Tartar Sauce/Gindara Teriyaki,Prawn & Sweet Ginger Tempura, Deep Fried Tuna coated with Sesami, ‘Japan” Gado-Gado, Beef Yakiniku Salad, Oyster Gratin, Grilled Oxtail, Japan Udon Goreng, Maccha Mousse Pudding, Cucumber Sake Martini,Golden Dream, dan masih banyak lagi.

Selain menyajikan hidangan berkualitas, Takumi Robata & Sushi juga memberikan nuansa resto yang nyaman dan cantik. Ruangan resto dipenuhi dengan berbagai interior yang terbuat dari bahan dasar kayu. Resto ini dibangun dengan melibatkan tangan arsitek Jepang, Araki Sasaki. Resto dibuat sesuai dengan ciri khas bangunan di Utara Jepang yang elegan dan berkualitas tinggi. Bagi penggemar minuman sake, resto ini juga memiliki Sake Bar yang menyediakan aneka minuman khas Jepang yang menggoda.

Keunggulan lainnya, Takumi Robata & Sushi juga menyuguhkan pemandangan yang indah bagi setiap tamu yang datang. Lapangan golf yang hijau lengkap dengan kolam serta tanaman indah lainnya. Ini tentunya semakin menjadi nilai positif tersendiri. Sambil menikmati hidangan, mereka bisa melihat orang yang sedang bermain golf dan hijaunya rerumputan.

3Robata adalah hidangan laut yang proses memasaknya menggunakan panas arang yang ditaruh di atas pasir. Asal usul nama ini diambil dari nama tempat di Pulau Hokkaido, Jepang bagian utara. Secara prinsip, proses pembakarannya hampir sama dengan menu bakar lainnya, yakni sama-sama menggunakan arang. Namun, mekanisme kerjanya berbeda. Dalam proses memasak robata, ikan yang telah ditusuk seperti sate tidak langsung ditaruh di atas arang, tapi ditancapkan di atas pasir yang di depannya terdapat arang. Berhubung ikan tidak langsung ditaruh di atas arang, proses pembakarannya memakan waktu cukup lama, sekitar 20–30 menit. “Baik ikan, kerang, kepiting atau lobster, proses pembakarannya rata-rata sekitar 20 menit,” ujar Masahito Kishino, chef restoran Takumi Robata & Sushi.

Kishino menjelaskan restoran ini tidak hanya menghidangkan makanan, tapi juga mengedukasi tamu tentang cara memasak ala Jepang. Makanya, proses pembakarannya dilakukan di ruangan terbuka, bukan di dapur, sehingga tamu bisa melihat secara bebas. Di Jepang, teknik bakar robata sudah berlangsung sejak berabad-abad silam. Sampai sekarang, masyarakat Jepang pun masih mempertahankannya. Selain teknik penyajian yang menggunakan cara tradisional, desain restoran ini memiliki unsur arsitektur Jepang kuno.

Perancangnya adalah Araki Sasaki, seorang arsitektur kondang asal Jepang. Sasaki berhasil menata restoran tradisional ini menjadi sebuah rumah makan mewah dan elegan. Dengan menggunakan bahan dasar kayu, rumah makan ini menjadi salah satu restoran Jepang termewah di Jakarta.Benjamin Lee, pemilik restoran ini, menerangkan kesan elegan modern dan klasik menonjol karena penggunaan kayu sebagai bahan dasar. Menurut dia, kayu menimbulkan kesan klasik, simpel, dan mewah seperti halnya rumah Jepang tempo dulu. Sementara kesan modern terlihat di dinding yang sebagian menggunakan kaca. “Tampilan rumah Jepang tempo dulu sangat menarik seandainya dituangkan dalam desain restoran,” terang Lee.

Dinding kaca yang menghadap ke lapangan golf sengaja dibuat supaya pengunjung bisa lebih rileks. Sambil menikmati hidangan, mereka bisa melihat orang yang sedang bermain golf dan hijaunya rerumputan. Suasana makin teduh dengan penggunaan potongan-potongan batu alam pada lantai. Apalagi, material ini juga menempel pada dinding penyangga ruangan.

Untuk dekorasi ruangan, restoran yang berada di depan Plaza Senayan ini minim aksesori. Tidak ada patung atau lukisan. Hanya ada bangku dan meja yang mayoritas dari kayu. Begitu pula dengan bar.

Yang justru paling berkesan adalah pakaian yang dikenakan para pelayan. Mereka semuanya menggunakan kostum pelayan ala Jepang berwana hitam-putih, memakai ikat kepala, dan sandal jepit. “Ini yang membedakan kami dengan restoran Jepang lain.

Mendatangkan Bahan dan Juru Masak dari Jepang

Untuk menjaga kualitas dan rasa, ikan-ikan itu langsung dikirim dari Tsukiji Market, pasar ikan dan hasil laut terbesar di dunia. Demi menciptakan rasa berkualitas tinggi, manajemen Takumi Robata & Sushi langsung mendatangkan dua juru masak dari Jepang, yakini Masahito Kishino dan Kazuhisa Yokota. Dalam mengolah makanan Jepang, kemampuan kedua juru masak itu tentu tidak usah diragukan lagi.

Kishino menerangkan untuk menjaga kualitas dan rasa, semua bahan baku, terutama ikan, langsung diimpor dari Tsukiji Market, Jepang. Tsukiji Market merupakan pasar ikan dan pusat hasil laut terbesar di dunia. Di sana orang bisa memilih berbagai jenis ikan berkualitas tinggi sesuai dengan kebutuhan.

“Tidak hanya ikan, kita juga memiliki tarabagani, yaitu kepiting besar yang berasal dari Alaska. Selain itu, ada oyster segar dan scallop segar yang masih hidup. Semuanya kami sajikan menjadi hidangan yang nikmat dan menarik,” ujar dia.

Untuk hidangan pembuka, silakan coba Mascarpone Tofu atau Miso Zuke Mozzarella. Kalau mau yang lebih berisi, tersedia Magura Wara Yaki, yaitu ikan tuna yang dibakar. Setelah menikmati hidangan pembuka, selang beberapa menit, beranjaklah ke sajian lebih besar. Cicipilah Yaki Onigini Mitrarashi seharga 25 ribu rupiah. Untuk pilihan lain, tersedia Yaki Onigiri Karashi juga seharga 25 ribu rupiah atau Rice Balll with Sweet Soy Sauce.

Bagi penggemar sayuran, resto ini juga menyediakan berbagai menu yang sudah diolah sedemikian rupa, termasuk dibakar. Di antaranya Grilled Tomato with Fish Stock, Grilled Shiitake Mushroom with Fish, serta Yaki Tomato Dashi. Demi kesempurnaan bersantap, jangan lupa sedikit menyisihkan lambung buat makanan penutup. Ada Shiratama Cream and mitsu, Yuki Fruit, serta Rice Cake Ball with Ice Cream.

Untuk minuman, terdapat Sake Bar. Sesuai dengan fungsinya, tempat ini menyediakan sake, minuman khas Jepang kelas premium seperti Shichida Jyunmai Daiginyo, Jyudan Jikomi Jyunmai Daiginjyo, Kubota Kojyu Junmai, dan Hukuryu Jyunmai Daiginjyo. Jika masih kurang dan ingin mencoba pengalaman lain, cobalah kenikmatan wine plum Jepang atau signature cocktail khas Takumi.

Selain sake, tersedia minum khas Jepang lain, yakni Shochu. Shochu merupakan minuman yang kandungan alkoholnya lebih tinggi dari sake, tetapi lebih rendah dari wiski. Aroma yang dihasilkan dari minuman ini sangat khas. Sake berasal dari fermentasi beras, sedangkan Shochu adalah hasil penyulingan dan campuran dari berbagai produk pertanian, salah satunya ubi.

Untuk minuman lain, tersedia aneka anggur merah dan putih serta aneka cocktail, seperti Golden Dream rasa vanila yang lembut atau Cucumber Sake Martini yang mengandung rasa lemon dan apel.

Alamat Takumi Robata & Sushi
Jl. Asia Afrika Pintu IX , Senayan
Jakarta Selatan
Kontak
Telepon : 0215710181
Jam Operasional
Jam Buka : 10.00 – 22.00