Torino Osteria Italiana

Bagi Anda yang hobi mencari tempat baru untuk hang out dan berwisata kuliner, bisa coba mengunjungi daerah Kebayoran Baru, tepatnya di Jalan Gunawarman tak jauh dari perempatan dekat Apotek Senopati, Jakarta Selatan. Di situ terdapat sebuah restoran khas Italia bernama Torino Osteria Italiana atau lebih singkatnya Torino.

Osteria dalam istilah Italia berarti tempat makan yang menyajikan simple food dan wine. Menu makanan osteria berfokus pada menu khas lokal, dan bukan hal tabu untuk makan bersama di satu meja khas suasana kedai. Ideal untuk makan siang ringan, osteria juga menyenangkan untuk pilihan tempat relaks di malam hari.

Torino1Hampir semua pengunjung datang berkelompok, paling sedikit tiga orang per satu table. Tampak depan, tidak ada yang terlalu istimewa dari desain resto ini. Sebuah bangunan dengan lapangan parkir yang cukup luas serta plang bertuliskan Torino. Simpel, itulah yang terkesan dari tempat ini. Bagian dalamnya pun tak berbeda jauh. Ruangan dibiarkan loose tanpa sekat, dengan set meja kursi dari kayu memenuhi ruangan. Terdapat satu bar di bagian depan tempat kasir dan para staf meracik minuman. Ruangan didominasi dinding berwarna putih, lantai semen dan lampu-lampu bercahaya temaram.

Torino2Satu-satunya spot yang sedikit menarik perhatian adalah dinding bagian tengah yang dicat berwarna hijau terang, dihiasi foto-foto bergambar suasana khas Italia dan bangunan-bangunan ikonik di negara tempat berdirinya Menara Miring Pisa itu. Uniknya, tak ada pintu utama di Torino karena seluruh bagian depan dibiarkan terbuka sehingga pengunjung bisa merasakan hawa segar dari angin di luar. Mungkin itu yang membuat resto ini memiliki daya tarik tersendiri karena meskipun menyajikan makanan Italia, suasananya terkesan sangat casual dan tamu bisa mengobrol sambil berkelakar sepuasnya.

Torino4Untuk makanan, Torino menawarkan menu Italia yang cukup otentik. Ada Aglio Olio Pepperoni Tuna, Anda bisa meminta tambahan potongan cabai jika ingin rasa pedas yang lebih menggigit. Masih bagi pecinta pedas, coba Amatriciana, pasta spaghetti dengan saus pedas dan taburan daging asap. Jika ingin rasa yang lebih mild, pesanlah Gnocchi Al Pesto, pasta gnocchi dengan saus pesto dan potongan kentang. Coba juga Formaggi Pizza, roti pizza tipis renyah dengan topping berbagai jenis keju yang nikmat saat lumer di mulut.

Secara keseluruhan, Torino memang tidak menawarkan sesuatu yang unik atau berbeda dari resto pada umumnya. Namun suasana yang santai dan terbuka nampaknya menjadi magnet yang menarik orang untuk datang dan menghabiskan waktu lama untuk makan atau sekadar hang out. Harga makanan di Torino berkisar antara Rp 60ribu – Rp 100ribuan.

Torino
Jln. Gunawarman No. 11 A
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telp. (021) 7220267