Warung Daun

Berawal dari hobi memasak, Aji Leddy Susanti berani berkreasi dan meracik bumbu masakan untuk restonya. Bersama suami, Hariyanto Prayito ia mengelola bisnis makanan dengan ‘bendera’ yang berbeda dari resto umumnya. Panji-panjinya, makanan tanpa penguat rasa dan sayuran organik. Hidangan organik dapat dinikmati oleh semua orang dan manfaatnya bagi kesehatan cukup terasa. Temuan hidangan lezat dan sehat ‘hanya’ di Warung Daun.

Sajian lezat dengan bahan-bahan masakan yang bebas dari pestisida dan pupuk kimiawi, disebut bahan organik, kini menjadi pilihan masyarakat perkotaan dari golongan menengah ke atas. Di kota-kota besar seperti Jakarta, relatif gampang mencari rumah makan yang khusus menyediakan hidangan berbagan organik, Banyak pula restoran yang berkomitmen hanya menyajikan makanan organik. Salah satunya resto Warung Daun.

Pemilik restoran Warung Daun, Hariyanto Prayitno, sengaja memakai kata ‘warung’ karena warung merupakan tempat makan khas orang Indonesia. Restoran ini semula hanya menyediakan masakan khas sunda, namun para tamu Warung Daun dapat menikmati menu makanan tradisional Indonesia yang bervariasi.

Layaknya moto Warung Daun : Go Organic, MSG Free semua hidangan lezat di restoran ini berbahan dasar organik.

Bahkan, untuk mendukung rencana jangka panjang sebagai perintis restoran Indonesia yang lezat dan sehat berbahan dasar organik, sejak awal 2010 Warung Daun mulai mengolah lahan telantar menjadi kebun sayuran dan ikan organik seluas 2.5 hektare, berketinggian 700 meter dpl, di Desa Sukagilih, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Lebih dari 3.000 tanaman keras pelindung ditanam di lahan tersebut dan berbagai jenis sayur mayur dan ikan air tawar untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan Warung Daun.

Warung Daun terletak di pinggir jalan dengan bangunan agak menjorok ke dalam, saat masuk ke dalam ruangan terasa suasana perdesaan, dengan alunan musik sunda, suasana pedesaan yang tercipta serasa membawa Anda kepada kampung halaman. Meski mengusung ide slow food, tenang saja pelayanan di sini tidak lelet, sebaliknya pula amat ramah.

Sejumlah menu dapat menjadi pilihan sebagai camilan sambil menunggu datangnya hidangan utama, antara lain perkedel jagung, cumi goreng tepung, lumpia, dan tahu goreng. Menu yang disebut terakhir adalah salah satu favorit di Warung Daun. Tahu digoreng crispy dan diisi sayuran, sehingga rasa tahu sangat gurih dan bumbunya pas. Meski berisi cukup banyak, rasanya Anda bisa ketagihan dan menghabiskan satu prosi seorang diri.

Setelah selera makan Anda mulai terpancing dengan hidangan-hidangan pembuka, cobalah langsung menyantap hidangan menu ikan, ayam, dan daging. Tumis sayuran organiknya ada tumis taoge ikan asin, tumis pucuk labu organik, tumis genjer, tumis brokoli jamur, tumis kangkung, dan masih banyak lagi.

Tumisan dimasak dengan tingkat kematangan yang pas sehingga Anda masih bisa merasakan renyahnya taoge dan kangkung dan juga kandungan nutrisi masih terjaga. Nasi liwet sunda merupakan salah satu menu favorit.

Begitu juga dengan hidangan berbahan ikan segar, tersedia aneka hidangan ikan gurame. Warung Daun menyediakan banyak pilihan menu gurame, seperti gurame bakar kecap, gurame saos mangga, gurame goreng terbang, dan gurame bumbu rujak. Menu masakan laut lainnya, ada udang galah bakar khas Warung Daun yang porsinya bisa untuk makan bersama dan udangnya besar-besar.

Jika menyukai hidangan berbahan baku utama ayam, silakan memesan menu ayam bakar dan goreng dan dapat disesuaikan dengan porsi yang pas, apakah satuan atau per ekor. Sate maranggi juga terkenal di antara banyak pelanggan Warung Daun.

Yang sering direkomendasikan, yakni sambal khas Warung Daun. Konon, kenikmatan sambal dapat dipadukan dengan menu lain, apapun yang Anda pesan dan dijamin membuat Anda menambah porsi makan. Disajikan panas-panas di atas hotplate, dijamin sambal ini bisa buat kita berkeringat sambil makan.

Minuman apalagi selain es kopyor atau es campur yang pas menemani Anda menyantap hidangan utama. Selain aneka es, tersedia pula minuman hangat seperti wedang jahe sereh khas Warung Daun, atau wedang 5 gunung yang terkesan cukup unik.

Warung Daun, berlokasi di :

1. Jl. Wolter Monginsidi 41 Kebayoran Baru Jakarta Selatan. 021 72786138

2. Jl. Pakubuwono 10 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 021 7395454

3. Jl. Cikini Raya no 26, Menteng Jakarta Pusat. 021 3910909