Warung Lembongan

Anda tidak suka makan ikan karena berbau amis, Anda harus mempertimbangkannya lagi. Karena ikan memberikan berbagai manfaat kesehatan dari otak hingga jantung Anda. Ikan, merupakan hewan laut  yang kaya akan gizi, mineral, nutrisi dan vitamin yang mampu memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Mengkonsumsi ikan secara benar, baik cara mengolah maupun cara memilih ikan, pastinya akan membuat tubuh kita semakin sehat dan yang lebih hebat lagi adalah ikan mampu membuat seseorang menjadi pintar. Sekarang ada rumah makan yang menyediakan menu Sup kepala ikan dan ikan goreng tanpa rasa amis sedikitpun.

Sajian di warung ini sangat sederhana. Sup kepala ikan dan ikan goreng Kepala ikan disajikan dengan kuah berempah dan irisan mentimun. Rasanya asam segar saat dihirup. Ikan goreng krenyes gurih dan makin sedap saat dicocol sambal gorengnya. Warung makan ini memang tak sebagus rumah makan di kawasan Renon. Tempatnya sangat sederhana dengan jejeran kursi lipat dan meja-meja memanjang. Sajian istimewanya yang berupa Sop Kepala Ikan dan Ikan Goreng memang menjadi daya tarik bagi pengunjung rumah makan ini.

Warung Lembongan ini memang mengambil makanan andalan dari Nusa Lembongan, tempat sang pemilik berasal. Dua menu andalan sop kepala ikan dan ikan goreng pun langsung jadi pilihan utama. Tak ketinggalan sepiring nasi putih hangat ikut menjadi pelengkap sempurna hidangan ini. Sop kepala ikan disajikan dalam mangkuk dalam keadaan yang mengepul panas. Potongan mentimun yang jadi pelengkapnya, membuat sop ini sedikit unik. Kuahnya kaya bumbu dengan warna kekuningan, terasa segar dengan semburat rasa jahe, bawang dan serai saat menyentuh lidah.

Sop kepala ikan, ikan yang digunakan adalah ikan barakuda karena itu dagingnya tebal, kuah ikan ini sangat segar saat masuk ketenggorokan. Kemudian untuk menikmati ikan goreng jangan lupa untuk menikmatinya bersama sambal goreng yang berwarna cokelat nyaris kehitaman. Jejak manis dan pedas sambal yang dicolek bersama daging ikan sangat klop saat berpadu bersama sesuap nasi putih di dalam mulut.

Kejutan lainnya dapatkan pada saat membayar. Kelezatan seporsi sop kepala ikan ternyata cukup ditebus dengan uang sebesar Rp 9000 dan Rp 10.000 untuk ikan goreng. Wah, ternyata dengan uang tak lebih dari Rp 25.000 sudah dapat menikmati makanan yang lezat dan tak terlupakan di Pulau Dewata menikmati sop kepala ikan Lembongan.

Warung Lembongan
Jl. Kapten Cok Agung Tresna 6C
Renon – Bali
Telp: 0361-221437
Jam Buka: mulai pukul 08.00 – malam

(berbagai sumber)