Rumah Sakit Bethesda

Rumah Sakit Bethesda merupakan rumah sakit swasta terbesar di Yogyakarta dengan tipe B non pendidikan. Rumah sakit dengan fasilitas layanan kesehatan yang lengkap. Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta telah terakreditasi 16 Pokja dan lulus ISO 9001:2001. Rumah sakit yang memiliki motto “Tolong Dulu Urusan Belakang”, terlihat di dalam setiap pelayanan kepada pasien yang membutuhkan tanpa membedakan suku, agama, dan golongan.

Memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada semua pasien menjadi prioritas utama dalam setiap gerak langkah Rumah Sakit Bethesda sejak pertama kali Bethesda berdiri pada tahun 1899 hingga saat ini. Penanganan kesehatan diberikan secara holistik dan efektif. Selalu berusaha mewujudkan pelayanan yang terjangkau dengan tetap menjaga mutu. SDM yang terus menerus dikembangkan dan diberdayakan dari sisi kompetensi, dan diimbangi fasilitas, sarana, dan prasarana, penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sejarah
RS Bethesda diresmikan pada tanggal 20 Mei 1899 oleh Dr. J. Gerrit Scheurer dengan nama Petronella Zienkenhuis. Kemudian oleh masyarakat disebut sebagai RS Toeloeng/Pitulungan karena dalam pelayanan terhadap pasien, rumah sakit ini tidak memandang “Apa” dan “Siapa” pasien itu, tetapi mengutamakan pertolongan lebih dahulu.

Pada zaman penjajahan Jepang (1942-1945) namanya diganti dengan Yogyakarta Tjuo Bjoin, dan kemudian setelah terlepas dari penjajahan Jepang dikenal sebagai Rumah Sakit Pusat. Agar masyarakat umum mengetahui bahwa Rumah Sakit Pusat ini merupakan salah satu rumah sakit pelayananan kasih (Kristen), maka pada tanggal 28 Juni 1950 diganti dengan nama Rumah Sakit Bethesda (kolam penyembuhan).

Fasilitas

Falisitas Layanan
-Instalasi Gawat Darurat
-Instalasi Rawat Inap
-Instalasi Rawat Jalan
-Instalasi Bedah Sentral
-ICU, ICCU, NICU, PSA, IMC

Fasilitas Penunjang
-Laboratorium
-Radiologi
-Instalasi Gizi
-Farmasi
-Instalasi Rehabilitasi Medik
-Pusat Sterilisasi Perlengkapan Madik
-Instalasi Pengolahan Air Limbah

Fasilitas Pendukung
-Tempat parkir luas
-Wartel dan Mini Market
-Wisma Tamu
-Kantin
-Tempat penitipan anak
-Rumah duka
-UPP
-Klinik Philia

Rawat Inap
Di Rumah Sakit Bethesda tersedia ruang rawat inap menurut kasus/jenis penyakit yang diderita pasien. Demikian juga ruangan dengan fasilitas menurut kelasnya.

  • Kelas Utama dengan nama Wayang (Srikandi, Shinta)
  • Kelas I dengan nama Bunga (Anggrek, Bakung, Canna, Dahlia. Edelweis, Flamboyan, Gardenia)
  • Kelas II dan Klas III dengan huruf dan angka Romawi (A, B, C, D, E, F, G, H, J, N, I, II, III, IV, dst.)

Waktu kunjung
Pagi: 10.00 – 12.00
Sore: 16.30 – 18.00

Instalasi Gawat Darurat (IGD)
0274 – 586708
0274 – 7475118

Informasi & Pendaftaran
0274 – 586688
0274 – 521250

RS BETHESDA
Jl. Jend. Sudirman 70 Yogyakarta 55224
Telp (0274) 586688, 562246 (hunting)
Email: bethesda_yogyakarta@bethesda.or.id