Pantai Bajul Mati

Pantai Bajulmati, Malang mungkin agak terdengar menyeramkan jika mendengarnya. Tetapi kenyataannya berbanding terbalik jika anda sudah melihatnya. Kalau dilihat dari namanya memang agak menyeramkan Bajul mati (bahasa jawa) yang artinya “Buaya Mati”, dinamakan seperti itu karena menurut sebagian orang gugusan bukit yang terdapat disini kalau dilihat dari kejauhan nampak seperti “Bajul Mati”.

Dalam perjalanan menuju pantai ini harus hati-hati, meskipun jalan terbilang mulus tapi banyak jalanan yang menikung tajam layaknya jalan-jalan di pegunungan. Kebugaran kendaraan harus diperhitungkan, sebab jalan sangat sepi dan tidak mudah untuk mencari bantuan.

Dengan jarak 58 KM ke arah selatan dari kota Malang, anda bisa menempuh jarak ini sekitar 3 jam perjalanan untuk menuju Pantai Bajulmati Malang, atau hanya 10 menit dari arah pantai Goa Cina. Lokasi pantai ini sendiri ada di desa Bajulmati, Kelurahan Gajah Rejo, kecamatan Gedangan. Dari Malang Anda bisa menuju Turen lalu ke Sumbermanjing Wetan.

Namun sayangnya untuk Anda yang hobi berenang sepertinya akan sedikit kecewa karena struktur Pantai Bajulmati yang cukup dalam dan curam membuat para pengunjung dilarang untuk berenang di tengah pantai. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir dikarenakan ada beberapa spot di bibir pantai sebelah barat yang dapat Anda gunakan untuk bermain air dengan leluasa. Karena banyaknya lokasi spot yang bagus dan indah seperti salah satunya Jembatan Bajulmati menjadikan Pantai Bajulmati juga banyak digunakan untuk tempat berfoto.

jembatan-pantai-bajul-mati

Yang unik dari pantai ini adanya bukit kecil yang terlihat berdiri kokoh di tengah pantai semakin menambah indah pemandangan yang terlihat oleh mata.

Ketika sudah masuk kawasan Bajulmati, anda pasti akan langsung disambut oleh bersihnya pasir putih. Pantai ini juga masih sepi dengan pengunjung, itu terlihat karena di pantai itu hanya ada beberapa toko kecil yang menjual makanan, memang sih pengelolaan pantai ini baru saja dimulai tahun 2011 lalu. Seperti halnya pantai-pantai yang ada di kabupaten Malang, pantai ini akan ramai di hari libur,  salah satunya ialah Hari Raya Besar, Hari Raya Idul Fitri, Tahun Baru, Mauludan dan hari-hari libur lainya.

Pantai Bajulmati memang memberikan pemandangan yang sangat luar bisa. Selain air laut yang biru beserta ombak besar yang saling berkejaran, di tengah-tengah lautan terdapat semacam bukit yang dari dalam laut. Keberadaannya itu menjadikan wajah pantai ini semakin cantik. Apalagi jika dibalut dengan cahaya senja, keindahannya menjadi semakin sempurna. (plesir.co)