Patung Dewi Kwan Im tertinggi di Asia Tenggara

Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, kerap kali ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai tempat untuk berwisata religi. Tujuannya tidak lain adalah Klenteng Vihara Avalokitesvara. Keunikan dari klenteng tersebut karena terdapat patung Dewi Kwan Im setinggi 22,8 meter, dan Indonesia pantas untuk berbangga karena Patung Dewi Kwan Im ini merupakan patung termegah serta tertinggi di Indonesia bahkan di Asia Tenggara.

Dewi Kwan Im merupakan sosok seorang dewi cinta kasih sayang yang selalu dipuja oleh umat Buddha. Sejarahnya, Dewi Kwan Im merupakan Bodhisattva atau calon budha, yakni manusia yang hampir mencapai kesucian dan kesempurnaan.

Patung yang dibuat dan di impor langsung dari Cina ini terbuat dari batu granit, dengan proses yang memakan waktu selama 3 tahun dan menghabiskan dana sekitar 9 milyar. Karena kemegahan yang luar biasa itu Pemerintah Indonesia memberikan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia.

Patung Dewi Kwan Im berada di lantai dua dari  Klenteng Vihara Avalokitesvara. Anda akan disambut oleh dua buah patung yang berada di buah sisi tangga jalan menuju patung Dewi Kwan Im, patung tersebut adalah patung catur mahadewa – raja atau biasa disebut dengan patung malaikat pencatat kebaikan dan keburukan. patung yang berdiri sejak tahun 2005 ini menjadi salah satu objek andalan pariwisata Kota Pematang Siantar. Terlihat dengan banyaknya pengunjung yang datang dari negeri seberang yang ingin melihat kemegahan patung Dewi Kwan Im.

Bukan hanya itu, di Vihara Avalokitesvara juga terdapat patung-patung shio yang dipercaya oleh masyarakat Tionghoa. Patung-patung tersebut berjejer rapi yang diwujudkan dalam bentuk patung hewan-hewan seperti ayam, babi, tikus, kerbau, kuda, ular, naga, kelinci, macan, babi, monyet,  anjing dan kambing. Di sana juga terdapat taman dan kolam ikan yang menambah keindahan dari  Klenteng Vihara Avalokitesvara.

Untuk menuju ke  Vihara Avalokitesvara sangat mudah sekali, karena letaknya yang strategis dan berada di jantung Kota Pematang Siantar. Tepatnya berada di Jalan Pane, Kecamatan Siantar Selatan. Jika anda berangkat dari Medan hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam melalui perjalanan darat. (berbagai sumber)