Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan institusi pendidikan kedinasan dibawah naungan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI) dan telah mengalami peningkatan status dari Akademi Ilmu Statistik (AIS).

Visi
Visi STIS adalah menjadikan STIS sebagai lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan menyiapkan peserta didik menjadi kader yang memiliki kemampuan akademik/profesional di bidang statistik dan komputasi statistik dan siap pakai baik bagi BPS maupun instansi/lembaga lain.

Misi

  • Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pendidikan profesional.
  • Menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang statistika dan komputasi statistik untuk menghasilkan tenaga sarjana sains terapan di bidang statistika dan komputasi statistik yang berkualitas
  • Menyediakan fasilitas pendidikan statistika dengan bidang konsentrasi ekonomi dan sosial kependudukan serta pendidikan komputasi statistik.
  • Melaksanakan riset guna meningkatkan mutu pengetahuan mengenai statistika dan komputasi statistik dengan menggali, mengkaji, dan terus mengembangkan ilmu statistik.
  • Mengembangkan, meningkatkan dan mengabdikan diri sebagai wahana pendidikan profesional di bidang statistika dan komputasi statistik.

Program Pendidikan
Program Diploma IV STIS terdiri atas dua jurusan yaitu jurusan Statistika dan jurusan Komputasi Statistik, masing-masing jurusan memiliki beban studi sebanyak 140-160 sks.

1. Jurusan Statistika
Jurusan Statistika terbagi menjadi 2 bidang peminatan.

a) Statistika Ekonomi
Mempelajari statistik terapan bidang ekonomi sehingga mampu melaksanakan kegiatan dan analisis data statistik harga-harga, produk domestik regional bruto, neraca wilayah, indikator ekonomi, dan lain sebagainya.

b) Statistika Sosial dan Kependudukan
Mempelajari statistik terapan bidang statistik sosial, kependudukan, dan demografi sehingga mampu melakukan analisis dan pelaporan di bidang sosial, kependudukan, dan demografi.

2. Jurusan Komputasi Statistik
Laboratorium KomputerJurusan Komputasi Statistik mempelajari teknik pengolahan data, membuat program, dan analisis data serta teknik penyusunan sistem informasi statistik seperti penyusunan basis data, komunikasi data, sistem jaringan, dan diseminasi data statistik.

Dosen Pengajar
Dosen STIS berasal dari  alumni AIS/STIS dan sebagian dari Departemen Agama, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Departemen Pertahanan dan Keamanan, dan Badan Pusat Statistik yang masing-masing kompeten di bidangnya. Sebagian besar dosen bergelar S2 dan S3 baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri.

Kampus STIS
Jl. Otto Iskandardinata No. 64C
Jakarta 13330
Telp. (021) 8191437, 8508812
Fax. (021) 8197577