Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir

Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN – BATAN) merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan program Diploma 4 (setara S-1) yang diselenggarakan oleh BATAN dan secara resmi merupakan salah satu wadah penggemblengan yang paling cocok dan satu-satunya di Indonesia yang dapat menghasilkan tenaga profesional Diploma 4 dalam bidang teknologi nuklir. Gelar yang diperoleh adalah Sarjana Sains Terapan.

Sejarah
Perguruan tinggi ini awalnya bernama Pendidikan Ahli Teknik Nuklir (PATN) pada tahun 1985 berdasarkan Surat Keputusan Dirjen BATAN Nomor: 53/DJ/1985 dengan jenjang pendidikan Diploma III. Untuk mengantisipasi kemajuan teknologi nuklir di era globalisasi perlu dipersiapkan Sumber Daya Manusia yang ahli dibidang ketanaganukliran, untuk itu PATN perlu ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN). Perubahan tersebut juga dilatarbelakangi oleh peraturan-peraturan / pengetahuan dan ketrampilan yang dituntut :

  • Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran.
  • Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi.
  • Policy Pimpinan Badan Tenaga Nuklir Nasional yang menginginkan PATN menjadi Perguruan Tinggi yang Profesional dalam membina dan menyiapkan SDM yang berkualitas.

Setelah dilakukan pembahasan antara BATAN dengan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara (MENPAN) akhirnya, pada tanggal 8 Juni 2001 diterbitkan KEPRES nomor 71 tahun 2001 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir. Keputusan ini ditindak lanjuti dengan Keputusan Kepala BATAN Nomor 360/KA/VII/2001 tentang Organisi dan Tata Kerja STTN. Pada tanggal 24 Agustus 2001 STTN dibuka secara resmi oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi, Ir. M. Hatta Rajasa ditandai dengan penandatanganan prasasti yang sekarang terletak di halaman depan STTN.

Dengan perubahan bentuk dan status seperti diharapkan, nantinya STTN menghasilkan Sumber Daya Manusia yang mempunyai kualifikasi Nasional dan Internasional serta dengan legalitas yang berlaku.

Visi
”Penyedia SDM iptek nuklir yang profesional”

Misi
Untuk mewujudkan Visi di atas, STTN-BATAN mempunyai misi sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dan berkelanjutan.
  2. Membangun dan menerapkan nilai-nilai moral dan etika akademis.
  3. Menerapkan dan mengembangkan Sistem Manajemen Mutu Terpadu.

Tujuan
Sebagai perguruan tinggi, STTN bertujuan  untuk menghasilkan lulusan siap kerja, profesional,  dan mandiri yang berjiwa kewirausahaan.

Jurusan dan Program Studi
Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir berdasarkan Surat Keputusan MENDIKNAS No.1013/D/T/2001 tanggal 15 Maret 2001 memiliki 2 jurusan dengan 3 program studi, yaitu :

Jurusan Teknofisika Nuklir

  • Program Studi Elektronika – Instrumentasi
  • Program Studi Elektromekanik

Jurusan Teknokimia Nuklir

  • Program Studi Teknokimia

Fasilitas Pendidikan
Setiap mahasiswa STTN BATAN berhak akan fasilitas sebagai berikut :

  1. Ruang Kelas dan Laboratorium yang lengkap dan ber-AC
  2. Uang Saku Rp. 50.000,- tiap bulan
  3. Bahan Seragam 1 stel tiap tahunnya
  4. Kesempatan mendapatkan SIB (Surat Ijin Bekerja ) sebagai PPR (Petugas Proteksi Radiasi ) dan OR ( Operator Radiografi ) yang dikeluarkan oleh BAPETEN

Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir
Jalan Babarsari PO Box 6101/YKBB
Yogyakarta 55281, Indonesia
Telp. +62 274 484085, 489716
Fax. +62 274 489715

1 Response

  1. Ottaq Ghotelo says:

    Yang terhormat :
    kami dapat membantu merancang program2 Outbound, Arung Jeram, Paintball, Fun Offroad, Fun Games dll.
    kontak langsung ke 081321272788 / 022-70998054.
    atau klik di http://outboundconsultant.blogspot.com
    lokasi kami di Bandung.
    terima kasih