SMA Negeri 1 Depok

SMA Negeri 1 Depok atau yang biasa dikenal dengan SMANSA adalah salah satu sekolah unggulan dan terbaik di Jawa Barat. SMANSA merupakan salah satu Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) yang kualitasnya sudah tidak diragukan lagi, karena telah dibuktikan oleh siswa siswi SMANSA dengan seringnya memenangkan berbagai olympiade dan kejuaraan yang diikutinya.

Diresmikan pada tanggal 20 November 1979, sebelumnya sekolah ini berada di bawah lisensi SMA Negeri 1 Bogor tetapi, dengan berbagai pertimbangan dan tuntutan perkembangan wilayah Depok pada masa itu, berdirilah SMA Negeri 1 Depok secara mandiri dan terpisah dari SMA Negeri 1 Bogor.

Identitas Sekolah

Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 DEPOK
NSS : 301022401001
Alamat : Jl Nusantara Raya No 317
Telepon : (021) 7520137, Fax. 77206065
E-mail : sman1depok@yahoo.com, info@sman1depok.sch.id
Kecamatan : Pancoranmas
Kota : Depok
Propinsi : Jawa Barat

Visi
Menjadikan SMA Negeri 1 Depok sebagai salah satu sekolah unggulan dan terbaik di Jawa Barat.

Misi

  1. Meningkatkan KINERJA aparatur sekolah yang efektif, efisien dan profesional
  2. Meningkatkan segala potensi SUMBER DAYAsekolah
  3. Mengembangkan wawasan KEUNGGULAN, KREATIF dan INOVATIF dibidang pendidikan
  4. Membangun komitmen kebersamaan dan keteladanan warga sekolah yang HARMONIS, RELIGIUS yang dilandasi IMAN dan TAQWA

Strategi SMANSA Depok

  1. Meningkatkan dan menumbuhkan perilaku disiplin, dedikasi, loyalitas dan tanggungjawab semua warga sekolah terhadap pelaksanaan tugas, hak, dan kewajiban sesuai dengan tupoksinya masing-masing
  2. Meningkatkan profesionalisme dengan mengembangkan potensi diri Guru/Pegawai melalui pendidikan, pelatihan, penataran, semiloka, workshop dan lainnya demi tercapainya pendidikan yang bermutu
  3. Meningkatkan kesejahteraan Guru/Pegawai secara rutin dan berkesinambungan dengan mengedepankan prinsip kebersamaan dan keadilan
  4. Meningkatkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) warga sekolah yang berkompetensi, cerdas, dan terampil
  5. Meningkatkan potensi warga sekolah, orang tua, masyarakat, dan para stake holder (tokoh, pakar, pengusaha, alumni) berupa pemikiran, gagasan, sarana dan dana.
  6. Mengembangkan wawasan keunggulan dengan menggali potensi kreativitas dan inovasi warga sekolah khususnya para siswa untuk mempersiapkan diri bersaing di era globalisasi dan perdagangan bebas
  7. Mengembangkan wawasan keunggulan dengan menggali potensi kreativitas dan inovasi warga sekolah khususnya para siswa untuk mempersiapkan diri bersaing di era globalisasi dan perdagangan bebas
  8. Meningkatkan berbagai kegiatan bimbingan kesiswaan yang bernuansa akademis untuk menunjang keberhasilan dan peningkatan kualitas lulusan agar sebanyak-banyaknya diterima di Perguruan Tinggi Negeri (Mentoring, Enrichment, Kelompok Pencinta Mata Pelajaran, Olimpiade, dan lain-lain) serta mengadakan berbagai kerja sama atau kemitraan dengan lembaga-lembaga terkait
  9. Mendorong agar para siswa mampu menciptakan atau menghasilkan suatu hasil karya nyata (semacam IPA terapan) atau penelitian di bidang MIPA atau Ilmu-ilmu Sosial
  10. Menciptakan suasana warga sekolah yang dinamis dan harmonis dengan nuansa kebersamaan dan kekeluargaan
  11. Mengembangkan sendi-sendi kehidupan yang religius dengan dilandasi iman dan taqwa agar menjadi insan-insan yang akhlakul kharimah di masyarakat.

Fasilitas

  1. Laboratorium Komputer : Laboratorium Komputer dengan Local Area Network dan Jaringan Internet Unlimited, tersedia 25 komputer Pentium 4 yang dilengkapi dengan Head Set pada masing-masing Komputer, serta LCD Projector dan Pendingin Ruangan.
  2. Ruang Audio Visual : Ruang Audio Visual dengan fasilitas Layar Lebar, Internet Online serta dapat difungsikan sebagai Ruang Serba Guna untuk Rapat Dewan Guru, dan kegiatan-kegiatan Workshop. Pada masa mendatang Ruang ini akan dijadikan Server untuk Database Sekolah serta pusat pengaturan Internet di sekolah.
  3. Ruang Kelas Rintisan SBI : Dua buah Ruang Kelas Rintisan SBI yang telah dipasang secara permanen AC, Laptop dan LCD Projector, PC untuk siswa, juga dilengkapi dengan loker siswa serta ONLINE Internet. Ruangan kelas ini termasuk dalam HOTSPOT AREA. Tiap ruang kelas SBI juga dilengkapi kamera (CCTV) yang mengontrol kegiatan siswa di kelas.
  4. Laboratorium IPA : Laboratorium IPA yang terbagi dalam 3 ruangan yakti Lab. Fisika, Lab. Kimia dan Lab. Biologi. Lantai 2 sedang dalam proses Pembangunan. Untuk sementara, praktikum dilakukan di Ruangan Lantai I.
  5. Ruang Piala & Medali : Ruang Piala, Thropy dan Medali akan langsung tampak begitu memasuki Pintu gerbang bagian dalam Gedung SMANSA. Ruangan ini diharapkan bisa menjadi pelecut motivasi bagi siswa SMANSA yang lain untuk mengikuti jejak teman serta kakak-nya yang “setiap Upacara Hari Senin borong Piala & Kemenangan”. Bagi siswa yang berprestasi Nasional, Foto juga dipampang di ruang ini.
  6. Ruang Kesenian : Ruang Kesenian dilengkapi dengan peralatan modern dan tradisional seperti: Guitar, Organ, Sound System, Angklung, Rampak kendang, Gamelan, Marawis, dan lain-lain. Ruangan ini disamping dimanfaatkan saat KBM juga dimanfaatkan oleh kegiatan Ekstra Kurikuler (Pengembangan Diri) Bidang Seni.
  7. Halaman Bersih & Asri : Halaman SMANSA yang Bersih, ASRI, dan tertata rapi menjadikan siswa betah di sekolah. Pada setiap pojok disediakan tempat sampah khusus yang memisahkan Sampah Organik dan Sampah Anorganik.
  8. Perpustakaan : Tersedia sarana Perpustakaan dengan koleksi Buku Umum, Ilmu Pengetahuan, Buku Fiksi dan Non Fiksi. Tersedia juga fasilitas video/VCD-DVD Player. Ruang Perpustakaan termasuk HOTSPOT AREA yang bebas digunakan oleh siswa.
  9. Mushola Al Wustho : Musholla terpisah untuk siswa dan siswi, sebagai sarana ibadah dan juga pusat kegiatan Kerokhanian Islam (ROKHIS) maupun kegiatan keagamaan sekolah. Kegiatan Sholat Jumat juga diadakan secara rutin di Musholla ini.
  10. Lapangan Olah Raga : SMANSA memiliki lapangan olah raga sendiri, sebagai sarana Olah Raga siswa/siswi. Lapangan ini multi fungsi, bisa Lapangan Futsal, Lapangan Tenis Lapangan, Lapangan Bola Voli dan Bulu Tangkis. Disamping itu juga ada Meja Tenis Meja, Area Lompat Jauh, Senam Lantai, dll. Fungsi lain dari lapangan ini sebagai tempat Upacara Bendera yang rutin dilaksanakan pada hari Senin.
  11. Lab. Hidroponik : SMANSA yang memiliki KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) dan Science Club memiliki Laboratorium Hidroponik disamping utara sekolah. Melalui lab. ini SMANSA pernah meraih Juara 1 pada kegiatan CITIGROUP SUCCESS FUND Tahun 2007.
  12. Tempat Parkir : Tempat parkir SMAN 1 Depok terletak di sebelah selatan sekolah yang bisa menampung lebih dari 100 sepeda motor. Parkir ini juga dilengkapi tempat yang telah disediakan untuk meletakkan helm.

Kegiatan Pengembangan Diri
Kegiatan Pengembangan Diri yang wajib diikuti oleh setiap siswa Kelas X dan XI, setiap siswa wajib mengikuti minimal 1 (satu) kegiatan pengembangan diri, dengan pilihan sebagai berikut:

  • Bidang Kerohanian (ROHIS, ROHKRIS)
  • Bidang SainTech (KIR, Study Club, Sains Club, dll)
  • Bidang Kesenian dan Budaya (Rampak Kendang, Angkung, dll)
  • Bidang Olah Raga dan Kesehatan (Basket, Futsal, dll)
  • Bidang Minat Khusus (Paduan Suara, Musik, Tae Kwon-Do, Teater, dll)

Kegiatan Ekstrakulikuler

  • KPP (Klub Pecinta Perpustakaan) X-cool KPP ini berdiri pada tahun 2001, x-cool ini ditujukan untuk para pecinta buku. X-cool ini cuma satu-satunya di SMA-SMA yang ada di Depok.
  • FOCUS Focus alias Fotografi Club Smansa ini berdiri tahun 1987. Walau sempat vakum selama 10 tahun akhirnya kembali muncul pada tahun 1997. Focus punya beberapa kegiatan seru yang menjadi tradisi dari generasi ke generasi, yaitu TOMAT (foto hemat) atau hunting foto.
  • PEPALA (Pelajar Pecinta Alam) Pelajar Pecinta Alam sudah berdiri selama 13 tahun sejak 13 Februari 1991. PEPALA memiliki banyak kegiatan yang berhubungan dengan alam, diantaranya: naik gunung, baksos, outbound (seperti arung jeram), diving, sampai pengamatan satwa.
  • ROHIS 1 DEPOK Rohis 1 Depok berdiri sekitar tahun 1990. 107 pengurus yang tergabung di Rohis ini dibagi menjadi 10 divisi. Kerasa banget ukhuwah islamiyahnya di x-cool yang punya anggota terbanyak ini. Kegiatannya selalu punya tujuan mengaktualisasikan nilai-nilai Islam di SMANSA dengan kegiatan yang bersifat islami dan edukatif, seperti mentoring, tafakur alam atau Paras kegiatan ramadhannya SMANSA.
  • EC (English Club) X-cool ini ditujukan untuk siswa siswi yang ingin lebih memperdalam bahasa inggris, dan pernah menjadi Juara har.2 speech contest se-Jawa Barat, 2004.
  • Futsal Xcool ini adalah bentuk kecil dari sepak bola. Pernah menjadi juara 1 di ajang piala kujang dan masuk per4 final di ajang Piala Wakil Walikota Depok.
  • CIRRUS (Central Informasi Remaja-Remaja Unik Smansa) Nih tempat kumpulnya anak-anak unik. Mereka punya tugas bikin mading yang diganti tiap dua minggu sekali.
  • Satu Musikku X-cool yang ngebuka kelas gitar and bass ini baru berdiri tahun 2003. Latihan setiap sabtu sama instruktur yang juga alumninya SMANSA. X-cool ini jadi pengiring di AKSI, Pensi Smansa tercinta.
  • PASKIBRA 1 Depok Sudah mempunyai 14 angkatan sejak berdirinya x-cool ini di tahun 1990. Juara I LTUD tahun 2003.
  • TAEKWONDO Ini x-cool bela diri satu-satunya yang ada di SMANSA yang telah berdiri sejak 13 September 98 lalu. Mererebut 5 perak & 5 perunggu di piala walikota Depok.
  • ROHKRIS Berdiri tahun 1990, Kebaktian, ngerayain Natal, Paskah dan hari besar lainnya jadi kegiatan wajib selain baksos. Yang pasti makin mengenal Tuhan dan menambah kesehatian dengan teman-teman.
  • KOPSIS (Koperasi Siswa) X-cool yang top buat memenuhi kebutuhan siswa ini, didirikan beberapa tahun setelah SMANSA berdiri. Dari daftar belanjaan, sampai keuangan semuanya jadi kegiatan pengurus Kopsis.
  • Teater Langit Tepatnya tanggal 19 Sepetember 2000, Teater Langit ini berdiri di SMAN 1 Depok. X-cool ini punya kegiatan rutin latihan teknik-teknik dasar dalam seni peran.
  • NBK (Nihongo no Benkyo Kai) Ini nih tempat didalamnya berkumpul anak-anak keren pencinta all about Japan. Tergolong masih baru, karena masih berusia 4 tahun. Kegiatannya pasti belajar bahasa dan kebudayaan negeri Sakura itu. Walau baru beberapa tahun usianya, tetapi ekskul ini semakin berkembang.
  • Krida Kirana Termasuk di sekbid H OSIS, ini nih Krida Kirana. Yang namanya bisa berarti Krida (Krisis Dana) and Kirana (Kereta Kencana) sudah berdiri sejak 1996. X-cool seni yang buat kita gemulai menari dari yang tradisonal sampai modern. Salah satunya mereka udah mengukir prestasi Juara I Tari Kreasi.
  • PMR WITASA (Palang Merah Remaja Wira Taruna Perkasa) Anggota PMR bergerak layaknya Jean Henry Dunant, memberikan bantuan kesehatan secara sukarela. Begitu juga saat upacara, standby di belakang barisan. Punya keluhan sakit bisa datang di basecampnya anak PMR, yang punya ruangan di koridor sekolah. Nah ngerasa punya jiwa sosial, dan tertarik di bidang kesehatan bisa mengawalinya dengan jadi anggota PMR.
  • KIR LP&P (Kelompok Ilmiah Remaja Lahan Pertamanan dan Percobaan) Dengan eksperimennya dan mengurus taman, inilah KIR LP&P. Jadi yang punya jiwa ilmiah, dan alamiah bisa coba aktif di KIR LP&P.
  • TO (Tim Olimpiade) Sebelumnya setiap mo ikut lomba, ga’ ada kelompok belajar untuk mempersiapkannya. Nah biar ga’ mendadak, berdirilah TO menjadi sebuah ekskul bertepatan dengan AKSI Socienart ke-27. Terbagi dalam 5 pelajaran, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, dan Komputer. Jadi, kalo mo berkumpul bersama yang nambah ilmu & pengalaman kamu Pilih aja mata pelajaran sesuai minatmu. Prestasi terakhir yaitu Medali Perak dalam Olimpiade Biologi tingkat Nasional.
  • Rampak Gendang Merupakan salah satu kesenian Jawa Barat, ya inilah Rampak Kendang. Bisa bikin kita sedikit beken, karena sering tampil buat mengisi berbagai acara, seperti tampil mengisi acara Lomba Paskibra di Batalion Yon Zikon, dan telah tampil di Plaza Senayan 2 tahun terakhir. Awalnya X-cool ini dibentuk karena suatu program Kesenian yang diadakan oleh kesenian Jakarta.
  • SABAC (Satu Basket Club) X-cool ini kumpulannya orang-orang pecinta bola basket. SABAC pernah mengirimkan 1 tim putra dalam kompetisi Di Al’ Maruf dan FKM UI serta kompetisi-kompetisi beken lainnya.
  • PS GTC (Paduan Suara Gita Tunggal Crescendo) Baru berdiri tahun 2001, Dengan olah vokalnya yang keren, PS GTC selalu siap menjadi paduan suara di upacara bendera. X-cool yang dulunya adalah vocal grup ini pernah memenangkan festival paduan suara sejabotabek di UNJ sebagai juara 1. Xcool ini juga pernah menjadi juara 1 Lomba Paduan Suara se-Depok dan terakhir jadi finalis (8 besar) lomba Paduan Suara tingkat nasional di BPK Penabur.

SMA Negeri 1 Depok
Jl Nusantara Raya No 317, Pancoranmas
Depok, Jawa Barat
Telp. (021) 7520137, Fax. 77206065

10 Responses

  1. firly says:

    mudah mudahan saya bisa masuk soalnya pengen banget

  2. pandji s says:

    Kalo rampak kendang sman 1 diminta u perform di suatu acara mis family gathering, brp biaya nya ya? Tks

  3. suroyo says:

    Mantab! Pertahankan prestasi yg sdh dicapai walau sekarang sdh tdk RSBI lagi. Salam alumni

  4. Sofiah says:

    Keren banget sekolahnya..,
    Untuk seluruh siswa-siswi, guru dan Kepala Sekolah. Kami ingin menawarkan buku-buku sekolah berkualitas dengan potongan diskon untuk pembelian melalui website kami Tokoedu.com

  5. Mardiyanto says:

    Kepada Yth Bpk/Ibu kepala sekolah SMAN 1 Depok, Kami sebagai marketing buku online bermaksud menawarkan buku-buku pelajaran SMA. Apabila Bpk/Ibu berkenan untuk membeli silahkan kunjungi website Resmi kami di http://www.marketing-buku.com

  6. lyta says:

    keren bgt, s’moga tahun depan aq bsa di trima di SMANSA amiiiiin

  7. heri susanto says:

    PEKAN DIPLOMA BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN
    UNIVERSITAS GUNDARMA 2012
    ( PEKAN DIPLOMA BK UG 2012 )

    Dalam rangka Pekan Diploma Tahun 2012, Program Diploma III Bisnis dan Kewirausahaan UG mengadakan lomba atau kompetisi yang dapat diikuti oleh mahasiswa dan siswa SMA /SMK di daerah Jakarta, Bogor,Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).
    Acara dan Jadwal Kegiatan :
    • KOMPETISI PIDATO BAHASA INGGRIS BISNIS
    Tema : Pengembangan Kewirausahaan
    Hari/Tgl : Rabu, 06 Juni 2012
    Waktu : Pukul 13.00 – 16.00 WIB
    Tempat : Kampus D, Auditorium UG – Gedung 4, Lantai 6.
    Juara I : Hadiah Rp 1.000.000,- dan sertifikat
    Juara II : Hadiah Rp 700.000,- dan sertifikat
    Juara III : Hadiah Rp 500.000,- dan sertifikat
    Pendaftaran peserta ditutup Hari Kamis, 31 Mei 2012.
    Tidak dipungut biaya pendaftaran peserta.
    Peserta individu tingkat mahasiswa dan tingkat siswa SMA / SMK
    CP : Ibu Siti Saidah (08129483039)

    • KOMPETISI IDE BISNIS
    Hari/Tgl : Jum’at / 8 Juni 2012
    Waktu : 08.30 – 11.30 WIB
    Tempat : Kampus D, Auditorium UG – Gedung 4, Lantai 6.
    Batas Akhir Penyerahan Proposal Ide Bisnis : Hari Kamis, 31 Mei 2012.
    Juara I : Hadiah Rp 1.000.000,- dan sertifikat
    Juara II : Hadiah Rp 700.000,- dan sertifikat
    Juara III : Hadiah Rp 500.000,- dan sertifikat
    Pendaftaran peserta ditutup Hari Kamis, 31 Mei 2012.
    Tidak dipungut biaya pendaftaran peserta.
    Peserta individu atau berkelompok 3 orang untuk tingkat mahasiswa dan tingkat siswa SMA / SMK.
    CP : Ibu Mujiani (08158840965)
    Informasi lebih lengkap dapat menguhubungi :
    Sekretariat Pekan Diploma Bisnis dan Kewirausahaan Universitas Gunadarma 2012 : Kampus E – Ruang E229, Jl. Akses UI Kelapa Dua, Cimanggis . Telp (021)8710561-87116432 – 87116433 Ext. 220

  8. Putri Pravitasari says:

    saya panitia GEMPAS (Gema Paskibra) XII SMAN 1 Cianjur akan menyelenggarakan perlombaan LKBB dan JOKO (Joko Komando)se-Jawa Barat pada tanggal 12-13 Mei 2012. Terimakasih 🙂

  9. Putri Pravitasari says:

    @sman1depok.sch.id

  10. Eka Savhira says:

    like bgt,keren! semoga aja tahun depan aku keterima di smansa,amin 🙂