Universitas Pancasila

Universitas Pancasila didirikan pada tanggal 28 Oktober 1966, merupakan penggabungan dari Universitas Pancasila (lama) yang didirikan pada tahun 1963 dan Universitas Bung Karno.

Pancasila yang dijadikan nama dari Universitas ini tidaklah sekedar tanda pengenal dan pembeda dari Universitas-universitas lainnya, melainkan memiliki kedalaman arti yang hakiki, sesuai dengan misi yang diemban Universitas Pancasila, yaitu “Memberikan peranan positif dalam pengembangan ilmu dan teknologi serta pengembangan masyarakat ber-Pancasila seperti yang dicita-citakan dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.”

Dalam rangka inilah Universitas Pancasila berniat dan beritikad untuk menghasilkan sarjana-sarjana yang berjiwa Pancasila, memiliki nilai dan sikap, pengetahuan, kecerdasan, ketrampilan serta kemampuan berkomunikasi, dan kesadaran ekologi guna pembangunan dan pembinaan bidang hukum, ekonomi dan ekologi untuk menunjang pembangunan.

Dalam menjalankan roda kehidupan di bidang akademis, pada tahap awal telah tersedia tanah seluas 10.160 m2 dan bangunan/gedung seluas 5.196 m2 terletak di Jl. Borobudur No. 7 Jakarta Pusat. Tanah dan gedung tersebut dihibahkan dari Pemerintah cq. Departemen Keuangan kepada Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila (YPPUP) yang ditandatangani pada tanggal 21 April 1987. Disamping itu, pada tahun 1985, Universitas Pancasila mendapat pinjaman gedung di Jl. Garuda Kemayoran Jakarta Pusat untuk kegiatan Fakultas Ekonomi.

Dengan telah selesai dibangunnya gedung Fakultas Ekonomi di Srengseng Sawah Jakarta Selatan pada tahun 1988, perkuliahan mahasiswa Fakultas Ekonomi pindah ke gedung yang baru dan secara bertahap diikuti oleh Fakultas yang lain. Saat ini Universitas Pancasila telah mempunyai kampus di Srengseng Sawah seluas 111.255 m2 dengan bangunan seluas 38.076 m2 terdiri dari Rektorat, Fakultas Ekonomi, Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum dan Fakultas Teknik, sementara itu kampus Jl. Borobudur No. 7 Jakarta Pusat, saat ini dipergunakan untuk perkuliahan Program Pascasarjana.

Dalam hal pengelolaan, pembinaan umum Universitas Pancasila dibawah naungan yayasan, yaitu Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila yang didirikan dengan Akte Notaris G.H.S. Loemban Tobing S.H Nomor: 14 tanggal 19 Januari 1970.

Visi dan Misi

Visi
Mewujudkan Universitas yang mampu menghasilkan peserta didik yang cerdas dan berkepribadian

Misi

  • Meningkatkan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi
  • Meningkatkan mutu pelayanan pendidikan
  • Menghasilkan lulusan yang profesional, memiliki integritas kepribadian dan daya saing

Tujuan

  • Menjadi Perguruan Tinggi Swasta yang representatif, dipercaya dan diminati masyarakat
  • Menghasilkan peserta didik yang bertaqwa, kritis, santun, bermoral, demokratis, bertanggung jawab, mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi komunikasi informasi  (Ilpengtekkominfo) dalam rangka ikut serta mencerdaskan dan meningkatkan kesejahteraan bangsa

Sasaran

  • Menghasilkan peserta didik yang memiliki daya saing
  • Menghasilkan tenaga kerja yang handal
  • Menghasilkan tenaga inovatif, kreatif dan berjiwa kewirausahaan
Simbol Lambang
Universitas Pancasila memiliki lambang berupa segi lima tapak tangan kanan menengadah dengan lima jari terbuka, bunga teratai, topi, pena berbulu dan bintang bersudut lima.
Inti pengertian adalah:
  1. Bingkai segi lima: melambangkan Pancasila
  2. Tapak tangan kanan terbuka menengadah: melambangkan sikap junjung tinggi Pancasila sebagai kebenaran hakiki, di wujudkan dalam perbuatan nyata
  3. Bunga teratai yang menyebarkan semarak: melambangkan kemanfaatan ilmu yang di berikan oleh Unversitas Pancasila bagi Masyarakat
  4. Topi dan pena bulu: melambangkan ilmu
  5. Bintang bersudut lima: melambangkan keluhuran cita-cita
Pengertian warna lambang:
  • Unsur ke 1: Bingkai segi lima dengan warna dasar hitam yang melambangkan keabadian
  • Unsur ke 2 dan 4: Tapak tangan kanan terbuka menengadah, topi dan pena bulu dengan warna putih, yang melambangkan ketulusan dan kesucian hati
  • Unsur ke 3 dan 5: Bunga teratai, bintang bersudut lima berwarna kuning melambangkan kemahasiswaan

Kelima unsur tersebut merupakan satu kesatuan yang merupakan dasar idealisme organisasi Universitas Pancasila. Dengan didasari segi lime (unsur ke 1) yang merupkan manifestasi dan falsafah hidup bangsa Indonesia yaitu Pancasila.

Fakultas
Universitas Pancasila memiliki 6 fakultas, yaitu:

  1. Ekonomi
  2. Farmasi
  3. Hukum
  4. Komunikasi
  5. Teknik
  6. Psikologi
Fasilitas
Fasilitas yang dimiliki oleh Universitas Pancasila adalah:
  1. Kampus :  1) Jl. Srengseng Sawah, Jakarta Selatan dengan luas seluruhnya 30.672 m2 terdiri dari bangunan 4 lantai seluas 38.076 m2. 2) Jl. Borobudur No.7 Jakarta Pusat seluas 10.160 m2 dengan luas bangunan 5.196 m2. Fasilitas yang tersedia di kampus meliputi: 1)Sarana ruang kuliah 2)Perpustakaan, yaitu sarana yang sangat penting dalam menunjang pelaksanaan pendidikan dan pengajara, terdapat di semua fakultas.
  2. Laboratorium: Merupakan tempat praktek mahasiswa untuk mencoba menerapkan pengetahuan yang di peroleh selama dalam perkuliahan dengan masalah-masalah yang kemungkinan dihadapi dalam praktek. Fasilitas laboratorium yang ada di masing-masing fakultas yaitu Fakultas Ekonomi= 8 Laboratorium, Fakultas Farmasi= 28Laboratorium, Fakultas Hukum = 3 Laboratorium dan Fakultas Teknik= 28 Laboratorium.
  3. Laboratorium Bahasa: Dibuka untuk melatih berbagai bahasa dan dapat digunakan dosen, karyawan, mahasiswa dan umum. Kapasitas yang dimiliki berkapasitas pasang 40 booth terletak di kampus Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.
  4. Pusat Studi Pancasila: Di bentuk dengan harapan Universitas Pancasila dapat menjadi sumber kajian pancasila.
  5. Mushollah/ Masjid: Disediakan untuk tempat ibadah yang merupakan sumbangan dari Yayasan Amal Bakti Muslim Pancasila.
  6. Gedung Serbaguna: Dibangun untuk kegiatan kemahasiswaan dan kegiatan lainnya yang terdapat di kampus Srengseng Sawah dan Aula dengan kapasitas 300 tempat duduk berada di Jl. Borobudur No.7 Jakarta Pusat.
  7. Poliklinik: Berfungsi sebagai pelayanan kesehatan yang di dukung dengan penyediaan obat-obatan, dokter dan perawat kesehatan.
  8. Koperasi Mahasiswa
  9. Koperasi karyaran dan dosen
  10. Apotek Universitas Pancasila: Yang dilaksanakan Fakultas Farmasi, selain melayani dosen, karyawan dan mahasiswa dan umum, juga dipergunakan untuk kegiatan praktek mahasiswa.
  11. Berbagai sarana olahraga
  12. Tempat parkir yang luas
  13. Pertamanan yang membuat kampus lebih sejuk dan alami.

Universitas Pancasila
Jl. Srengseng Sawah, Jagakarsa
Jakarta Selatan
Indonesia 12640
78880305, 7270086
7864721, 7271868