Air Terjun Aling-aling

Mengisi liburan akhir tahun 2012, banyak wisatawan yang memadati tempat-tempat wisata yang ada di Kota Bali. Hampir keseluruhan wilayah Bali rupanya menyimpan potensi pariwisata yang luar biasa. Oleh sebab itu, jumlah pengunjung dari tahun ke tahunnya terus meningkat karena Bali seolah relevan dengan ungkapan one stop holiday. Anda cukup berkunjung ke Pulau Bali maka berbagai atraksi dan keindahan alam yang tak disamai di daerah-daerah lainnya bisa didapati. Dari satu objek wisata ke objek yang lainnya tak memerlukan waktu yang lama karena beratus-ratus aneka macam instrumen wisata telah tersedia di pulau nan indah ini. Tidak hanya wisata pantai-pantainya yang begitu mempesona tetapi juga wisata air terjunnya dan salah satu yang menjadi lokasi wisata favorit itu adalah air terjun (waterfall). Di kawasan Bali utara, atau tepatnya di Kabupaten Buleleng ada air terjun yang terkenal memiliki keunikan tersendiri dan panorama alam yang mengagumkan, yakni Air Terjun Aling-aling.

AT-Aling-aling-9Air Terjun Aling-aling mempunyai ketinggian sekitar 35 m dan memiliki keunikan tersendiri dimana dari puncaknya terpecah menjadi dua terjunan air yang berdampingan. Air terjun yang sebelah kanan memiliki debit yang lebih besar dibandingakan yang sebelah kirinya. Namun, keduanya sama-sama memberikan sensasi yang menggugah dan memberikan kesan yang mendalam. Air terjun Aling-aling ini jatuh dari tebing curam dimana disekelilinginya terdapat tebing-tebing tinggi dengan pepohonan yang rimbun. Di bawah air terjun ini terdapat cekungan kolam yang cukup dalam sekitar 4 m. Kolam ini dapat digunakan untuk berendam dan berenang.

Ketika menuju ke Air Terjun Aling-Aling ini pendatang paling tidak harus melewati 2 air terjun kecil di sebuah sungai kecil. Biasanya pengunjung akan berhenti di kedua air terjun kecil itu untuk sejenak beristirahat dan menikmati keindahan alam disekelilingnya. Kemudian pengunjung juga meski menuruni ratusan anak tangga sebelum akhirnya sampai di objek wisata yang mengagumkan ini. Rasa lelah dan capek setelah menuruni anak tangga seolah tak terasa dan terbayar lunas seketika oleh suara derunya air yang terjun dari ketinggian sekitar 35 meter. Ketika mendekat, suaranya semakin nyaring, dan percikan-percikan kecil air akan menyapa tubuh dan muka.

Lokasi

Lokasi wisata Air Terjun Aling-Aling ada di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng Bali. Berjarak sekitar 110 km dari Bandara Ngurah Rai yang bisa ditempuh sekitar 3 jam-an.

Aksesbilitas

Berjarak kurang lebih 11 km sebelah barat daya (sekitar 10-15 menit waktu tempuh) dari kota Singaraja dengan mengendarai kendaraan bermotor atau mobil. Atau berjarak sekitar 80 km dari kota Denpasar.  Jika dari kota Denpasar ambil arah ke Singaraja.  Menjelang masuk kota Singaraja akan dijumpai pertigaan.  Ambil arah ke kiri ke Terminal Sukasada.  Ikuti jalan tersebut hingga sampai pertigaan depan Balai Desa Sambangan.  Di sebelah kanan jalan dekat pertigaan tersebut terdapat plang bertuliskan Aling-aling Waterfall.  Ambil arah ke kiri dan ikuti jalan tersebut sekitar 2 km hingga tiba di parkir objek wisata Air Terjun Aling-aling berada. Selanjutnya dari tempat parkir perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri pematang sawah, lalu naik turun ratusan anak tangga sejauh 400 m hingga tiba di lokasi air terjun.

Tiket dan Parkir

Untuk tiket masuk ke lokasi ini tidak dipatok biaya, hanya kerelakan sumbangan saja pada kotak donation di belakang papan dekat Kamar mandi.