• -6.153636, 106.792756

Kebun Raya Eka Karya (Bedugul)

Kebun Raya Eka Karya (Bedugul)

Kebun Raya Eka Karya atau yang biasa disebut Kebun Raya Bedugul merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di Kawasan Wisata Bedugul. Sejak didirikannya pada 15 Juli 1959 objek wisata ini lebih identik sebagai tempat konsevasi tumbuhan sekaligus objek rekreasi keluarga. Objek wisata ini umumnya ramai dikunjungi pada musim-musim libur sekolah, maka jangan heran jika pada waktu-waktu tersebut kita akan menemukan bis tamasya serta mobil keluarga yang memenuhi tempat parkir Kebun Raya Bedugul. Tidak hanya wisatawan domestik, ada juga grup wisatawan mancanegara yang sengaja berkunjung dalam rangka berwisata ke Bali. Jadi, jika anda berencana melakukan wisata ke Bali, tidak ada salahnya mengunjungi objek wisata ini.

Memasuki areal kebun raya, semuanya hijau dan penuh dengan bunga warna-warni. Untuk menikmati setiap area, anda akan dihubungkan dengan jalan setapak. Jadi walaupun daerahnya cukup luas, lelah tidak akan pernah datang.
Tempat ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Tidak salah, kebun raya ini selalu dipadati pengunjung di musim liburan, apalagi akhir-akhir ini ada atraksi Bali Treetop yang menyajikan permainan menantang di atas pohon.

Kebun Raya Eka Karya Bedugul memiliki koleksi 17.000 tanaman dari sekitar 1.700 spesies, sehingga menarik minat kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik. Dan di sekitar Kebun raya banyak ditemukan pertanian Strawberry karena sangat cocok dengan suhu udara di sini. Buahnya banyak dijajakan oleh pedagang di pintu masuk kebun raya.

Sebagai salah satu dari empat kebun raya yang ada di Indonesia, Kebun Raya Bedugul memiliki areal taman dan hutan lindung dengan luas sekitar 154,5 hektar dengan koleksi tanaman yang mencapai kira-kira 16.000 tanaman yang terdiri dari 1.500 jenis, 320 marga, dan 155 suku tumbuhan. Dapat dibagi menjadi beberapa kelompok baik itu tanaman untuk dilindungi maupun tanaman liar yang merupakan tanaman hias, tanaman buah, tanaman obat, tanaman untuk bahan-bahan upacara, dsb.

Terdapat juga taman anggrek / orchid park dengan berbagai koleksinya, seperti Anggrek Kalajengking (arachnis flos-aeris), Anggrek Tanah (spathologlottis plicata) dan jenis anggrek Epindrum Radicans dari Amerika Utara dan Amerika Selatan, serta terdapat juga koleksi bunga Anggrek Hitam (coelogyne pandurata) yang terkenal dan hanya bisa dilihat bunganya antara bulan Juli-Agustus. Selain tumbuhan, Kebun Raya Eka Karya juga menjadi habitat beberapa jenis burung, antara lain, Tekukur, Kucica Batu, Bondol Jawa, Sriganti, Walet Sapi, Kepodang, burung Isap Madu Australia dan masih banyak yang lainnya.

Disini pengunjung dapat bermain sekaligus belajar sambil menikmati bekal makanan yang telah dipersiapkan (hawa sejuk dan berbagai aktivitas menarik tentunya membuat perut cepat lapar, namun ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan). Jika memilih lokasi yang tepat bahkan anda sekaligus dapat menikmati keindahan Danau Beratan, tempat berdiri megahnya Pura Ulun Danu.

Tarif Masuk
Tarif masuk yang dikenakan, antara lain :

1. Rp. 7.000,- untuk tiket pengunjung per orang
2. Rp. 3.000,- untuk tiket parkir roda 2
3. Rp. 6.000,- untuk tiket parkir roda 4
4. Rp. 12.000,- untuk tiket parkir roda 6 dan
5. Rp. 12.000,- untuk tiket mobil masuk ke areal kebun raya

Kebun Raya Eka Karya
Bedugul – Bali


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>