Kue Kelepon

Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Hampir seluruh daerah di Indonesia memilikinya. Berbentuk bulat dengan warna hijau dan gula merah didalamnya. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Kelepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga kelepon nampak berbalur parutan kelapa. Biasanya kelepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang.

Di Lombok, jajan kelepon mendapatkan julukan khusus yaitu kelepon kecerit-kecerit dalam bahasa Indonesia artinya muncrat diambil dari sifat kelepon yang khas yaitu; ketika digigit kelepon akan memuncratkan cairan gula merah yang terdapat di dalamnya. Dalam penyajiannya biasanya kelepon disajikan dengan kelapa parut.

Di Sumatera dan di Malaysia, kelepon disebut “Onde-onde”, sedangkan di Jawa dan daerah lainnya di Indonesia penganan yang disebut Onde-onde adalah bebola tepung beras berisi adonan kacang hijau yang dibaluri biji wijen. Perbedaan penyebutan antara di Jawa dan Sumatera-Malaysia ini seringkali menjadi penyebab kekeliruan dan kerancuan dalam mengartikan onde-onde.

Kelepon biasa dijajakan dengan getuk dan cenil (juga disebut cetil) sebagai camilan di pagi atau sore hari. Warna kelepon biasanya putih atau hijau tergantung selera. Untuk kelepon dengan warna hijau, perlu ditambahkan bahan pewarna dari daun suji atau daun pandan.

Adapun bahan yang digunakan untuk membuat kelepon adalah tepung beras dan gula merah sebagai isinya. Tidak begitu sulit untuk membuat kelepon. Kombinasi tepung beras, gula merah dan kelapa parut menjadikan rasa kelepon begitu khas apalagi kalau disajikan pada saat hangat. Klepon masih terbilang mudah untuk ditemui di berbagai daerah ataupun sebagai kudapan di berbagai acara.