Pantai Green Bowl

Sebuah keindahan alam terselubung di balik bukit dan pepohonan yang rimbun, bahkan untuk menuju ke sana Anda harus menuruni ratusan anak tangga hingga akhirnya terhidanglah bentangan alam yang menakjubkan. Bila tujuan Anda ke Bali sekedar mengunjungi keindahan Pantai Kuta, Pantai Sanur, atau Pantai Nusa Dua, maka keindahan pantai yang satu ini pasti akan memberikan kesan yang lebih mendalam. Itu karena setiap sudutnya begitu indah dan mempesona. Keindahan alam pantainya berbeda dan ketenangan suasana yang ditawarkan pantai ini membuat jatuh hati siapapun yang mengunjunginya. Seakan keindahannya ibarat sepotong surga di sudut bawah Pulau Bali.

Orang-orang menamakannya pantai Pantai Green BowlPantai Bali Cliff, dan Hidden Beach. Yang pertama disebut Green Bowlatau mangkuk hijau karena setiap air laut surut maka akan membentuk mangkuk dari karang-karang yang berwarna hijau saat Anda lihat dari atas bukit. Ada  juga yang menyebut Pantai Green Bowl, karena dulu ada perusahaan yang bernama PT. Green Bowl yang akan membangun resort di dekat pantai ini. Sementara sebutan Bali Cliff  berasal dari nama sebuah hotel yaitu Bali Cliff berada tepat di atas tebing pantai ini. Sementara nama yang ketiga yaitu Hidden Beach menggambarkan lokasi pantai ini yang memang tersembunyi di balik tebing tinggi dan semenanjung bukit. Dari tiga nama itu, yang paling populer adalah Pantai Green Bowl, terutama di kalangan turis asing dan peselancar. Sebuah penamaan yang terdengar indah dan lebih komersil bagi masyarakat Bali.

Pantai Green Bowl serupa kondisinya dengan Pantai Karma Kandara dan Pantai Nyang Nyang. Ketiganya berada di wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini menawarkan kepada Anda sesuatu tempat yang berbeda, dengan suasana pantai yang sepi dan alami, di sinilah liburan Anda akan lebih berkesan dan terasa eksklusif.

Letaknya tersembunyi di balik tebing, memiliki pasir yang putih bersih dengan air laut sebening kristal berwarna hijau kebiruan. Tidak banyak pengunjung yang datang ke sini, hanya para peselancar umumnya sangat mengenal tempat ini. Anda akan dapati mereka datang bergerombol memangku papan selancar untuk menuruni ratusan anak tangga yang di sekililingnya adalah pepohonan dan kadang kera.

Untuk mencapai bibir pantainya, Anda harus menuruni ratusan anak tangga yang cukup curam. Meski pantai ini belum ada diguide book wisata ataupun paket perjalanan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena pantai-pantai ini letaknya tidak jauh dari Denpasar ataupun Kuta. Ketiganya berada di Semenanjung Bukit, di antara Objek Wisata Garuda Wisnu Kencana dan Pura Uluwatu sehingga Anda bisa mengunjunginya cukup sehari.

Transportasi 

Untuk menuju ke Pantai Green Bowl dari Jimbaran maka kendaraan pribadi atau sewaan Anda perlu mencari jalan menuju ke Pura Uluwatu hingga bertemu perempatan yang lurus ke arah Dreamland dan Pura uluwatu, sementara ke kanannya Pantai Balangan. Anda ambil arah ke kiri ke Pantai Green Bowl, sesampainya di gerbang, ambillah jalan ke kiri lurus hingga terdapat parkiran, lalu sampailah Anda di tujuan.

Dari arah Denpasar atau Kuta maka arahkan kendaraan Anda menuju Uluwatu melalui Jalan Raya Uluwatu. Sekitar 1 km setelah Objek Wisata Garuda Wisnu Kencana, Anda akan menjumpai sebuah perempatan, terdapat Nirmala Supermarket di sebelah kanan jalan. Dari perempatan tersebut, beloklah ke kiri dan terus ikuti jalan tersebut sampai habis sejauh kira-kira 2 km, maka sampailah Anda di tempat parkir Pantai Green Bowl.

Dari tempat parkir di atas tebing Anda akan menyaksikan pantai indah berwarna hijau kebiruan dengan ombak putih bergulung-gulung. Anda tinggal menuruni ratusan anak tangga untuk sampai di bibir pantai. (indonesiatravel)