Pantai Suluban

Pantai di Bali memang menyuguhkan pesona yang menarik hati pengunjung, hampir semua pantai di Bali dijadikan objek wisata karena daya tarik pesona alamnya yang begitu mendalam. Ada sejumlah pantai yang mungkin jarang kita dengar, namun memiliki keindahan dan daya tarik yang berbeda dari pantai yang lainnya, salah satunya adalah Pantai Suluban. Ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin berlibur dan menikmati suasana pantai yang belum banyak dikunjungi oleh orang.

Suluban berasal dari bahasa Bali yang berarti “berjalan atau lewat di bawah sesuatu”. Diberi nama Pantai Suluban, karena pengunjung yang ingin ke sana harus melewati goa batu karang sebelum akhirnya sampai di pantai yang indah, berpasir putih dengan gemuruh gelombangnya menyenangkan bagi wisatawan yang ingin berselancar. Terletak di daerah Desa Pecatu berada di ujung selatan Kabupaten Badung, sekitar 35 kilometer dari Denpasar. Masih searah dengan Pantai Dreamland, masuk melalui Kampus Universitas Udayana, melalui Pecatu Indah Resort sekitar 2 km kemudian akan bertemu belokan kanan kearah Labuan Sait. Sekitar 7 km setelah itu anda akan memasuki kawasan Pantai Suluban.

Letak Pantai Suluban yang tersembunyi ini, menjadikannya kurang populer, namun pantai ini menjadi favorit wisatawan asing yang gemar berselancar dan wisatawan lokal yang menyukai pantai dengan nuansa alami dan jauh dari kebisingan. Jika melihat Pantai Dreamland yang saat ini telah menjadi kawasan yang terlalu “ramai” dan serba komersial, maka tidak heran Pantai Suluban menjadi alternatif baru bagi para wisatawan pecinta kawasan pantai baik dari domestik maupun mancanegara.

Ada juga yang memberi nama Blue Point Beach, karena sebelum memasuki kawasan pantai, kita melewati Blue Point Villas, mungkin lebih gampang bagi wisatawan mancanegara menyebutkannya Blue Point Beach daripada Suluban Beach. Memang untuk menuju ke pantai ini harus menuruni tebing karang, tetapi jangan khawatir karena sudah ada puluhan anak tangga yang mempermudah jalan untuk menuju lokasi Pantai Suluban. Dalam perjalanan menuruni anak tangga anda akan melewati toko-toko yang menjual souvenir, peralatan surfing dan ada juga yang menyediakan jasa video shooting, karena disekitar pantai ini merupakan lokasi yang sangat cocok untuk surfing.

Setelah anak tangga yang terakhir anda akan dihadapkan pada sebuah goa besar, dan untuk menuju Pantai Suluban anda harus masuk dan melewati gua tersebut. Setelah itu barulah akan terlihat sebuah pantai dengan pasir putih yang indah, warna air laut yang masih biru kehijau-hijauan dan batu-batu karang yang besar menambah eksotisnya pantai ini. Ombaknya yang tinggi merupakan kesenangan bagi para peselancar terutama wisatawan mancanegara yang gemar dengan surfing.

Keindahan panorama dan menyatunya suasana pemandangan bebukitan ujung selatan Bali dan deburan ombaknya, serta jauhnya dari kebisingan membuat suasana obyek ini tenteram, dan pengunjung betah menikmati alam yang suasananya damai dan menyejukkan perasaan. Di tambah dengan dinding karang yang tinggi dan indah disekitar pantai sangat cocok dipakai sebagai obyek foto bagi anda yang menggemari fotografi. Untuk mendapatkan foto-foto paling bagus, anda bisa menaiki tangga kayu yang disusun rapi dan sampailah di atas tebing. Di sini juga ada semacam gazebo tempat duduk-duduk dan bisa melihat ke sekeliling pantai Suluban.

Beberapa fasilitas pariwisata seperti Restauran, bar, penyewaan alat-alat surfing serta bengkel perbaikan sudah tersedia. Bagi anda yang ingin menginap, para penduduk setempat juga menyediakan  penginapan lengkap dengan pelayanannya. (Berbagai sumber)