Pulau Menjangan

Jika biasanya Anda ke Bali untuk bermain di pantai, cobalah melancong ke Pulau Menjangan. Di pulau ini terdapat banyak ikan laut berwarna-warni dan beragam terumbu karang. Benar-benar surga bawah laut di Bali !!

Pulau Menjangan punya dunia bawah laut yang menakjubkan. Terletak di Taman Nasional Bali Barat, Pulau Menjangan punya perairan yang jernih. Snorkeling di sana dijamin mengasyikan. Lebih dari itu, suasana di Pulau Menjangan lebih tenang daripada di Kuta atau Tanjung Benoa.

Bagi Anda yang suka diving, Pulau Menjangan adalah surga. Banyak ikan laut berwarna-warni yang berenang di sekitar terumbu karang. Terumbu karangnya pun punya bentuk aneka ragam.

Berlibur ke Pulau Menjangan adalah cara berbeda menikmati pesona Bali. Tak ada hingar bingar pesta di sana, tapi alam bawah laut yang cantik dan suasana yang alami sangatlah menggoda. Pulau Menjangan Bali adalah pulau kecil yang berada di kawasan Taman Nasional Bali Barat, pulau kecil yang sangat terawat baik bawah lautnya maupun daratnya ini banyak di huni binatang menjangan.

Kehidupan bawah lautnya sungguh manakjutkan dengan beribu biota laut di dalamnya yang berwarna-warni. Selain itu perairannya yang tanang dan jernih menjadikan pulau ini sering di kunjungi fotograder macro, karna di sini mereka bisa mendapatkan objek yang beraneka ragam.

Pulau Menjangan Bali yang sangat indah dalam lautnya pantainya juga berpasir putih dan terdapat gua-gua kelelawar pada tebing-tebing di pinggir pantai menjadikan pemandangan tersendiri untuk di nikmati. Selain untuk kegiatan wisata pulau ini juga di jadikan tempat ibadah oleh masyarakat bali.

Di pulau ini terdapat pura Segara Giri Kencana yang merupakan sebuah pura pada awalnya adalah sebuah perbatasan antara pulau Bali dan pulau Jawa. Perbatasan inilah yang menjadi cikal bakal pulau Menjangan. Menurut cerita berkaitan dengan perjalanan Dang Hyang Siddhimantra ke Bali. di pulau inilah sejatinya Dang Hyang Siddhimantra menorehkan tongkatnya untuk membelah pulau Jawa dan Bali.

Sehingga terlahirlah Pulau Menjangan dan dibangun pura untuk menghormati jasa beliau yang bernama Pura Segara Giri Dharma Kencana. Pura tersebut apabila di artikan Giri (bumi atau wilayah), Dharma (kebenaran) dan Kencana (garis). Kalau di gabungkan memiliki arti Pura yang berada pada wilayah garis kebenaran.