Steak Hiu Saus Lada Hitam

Ikan hiu dikenal sebagai ikan ganas yang sering mencelakai manusia di perairan pantai atau laut lepas. Namun di kawasan Jimbaran, Badung, Bali, hiu pasrah di tangan seorang pemilik rumah makan karena dijadikan hidangan steak hiu yang lezat. Rumah makan yang menyediakan menu steak ikan hiu saus lada hitam ini terdapat di kawasan Jimbaran, Badung, Bali. Setiap harinya, rumah makan milik Bambang Susilo atau Pak Item ini buka mulai pukul dua siang hingga malam hari.

Proses pembuatan steak ikan hiu saus lada hitam ini tak jauh berbeda dibanding pembuatan steak ayam atau steak daging sapi. Bahan yang diperlukan untuk membuat steak ini antara lain daging ikan hiu karang yang sudah di fillet atau dibuang kulit dan tulangnya, serta beberapa bahan pelengkap lainnya seperti kentang, wortel, sayur kacang buncis, dan beberapa bumbu lainnya. Sebelum dimasak menjadi steak, daging ikan hiu yang sudah dibersihkan direndam dengan bumbu rempah, bumbu rempah-rempah ini berguna untuk menghilangkan bau amis dan menciptakan aroma gurih dan sedap.

Usai direndam rempah, daging ikan hiu kemudian digoreng di atas penggorengan khusus untuk membuat steak (pan fried). Daging ikan hiu ini digoreng selama kurang lebih 15 menit. Setelah matang, steak daging ikan hiu ini diletakkan di atas piring yang sudah diberi potongan kentang goreng, sayur wortel, dan kacang buncis. Untuk menambah cita rasa, sebelum disajikan, di atas daging steak hiu disiram dengan saos yang terbuat dari campuran lada hitam, mustard, bawang Bombay, dan bumbu lainnya.

Memang rasanya tidak jauh beda dengan steak sapi atau steak ayam namun steak hiu saus lada hitam ini memiliki nilai tambahnya, steak ini berkhasiat melancarkan peredaran darah, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah kanker. Dengan harga satu porsi sebesar Rp 17 ribu, setiap harinya rumah makan Pak Item mampu menjual 15 hingga 20 porsi steak hiu saus lada hitam. Peminatnya dari berbagai kalangan mulai warga lokal hingga turis asing mancanegara yang sedang berkunjung ke Bali.

Alamat : Kawasan Jimbaran, Badung, Bali.

(berbagai sumber)