Taman Werdhi Budaya

Taman Werdhi Budaya yang terletak di Jalan Nusa Indah Denpasar merupakan salah satu tempat terluas untuk pergelaran budaya di Bali dimana setiap tahunnya Pesta Kesenian Bali dilaksanakan di tempat iniyang berlangsung selama sebulan dari Juni hingga Juli yang dimeriahkan dengan pawai kesenian berwarna-warni mengelilingi Kota Denpasar. Festival ini menyajikan aneka tarian tradisional Bali seperti Ramayana dan Mahabrata, musik Bali dan hasil-hasil seni kerajinan tangan.

Sebuah pesta dimana satu bulan penuh di isi oleh berbagai kegiatan kreasi seni dari seluruh Bali bahkan dari luar daerah dan manca negara. Dari seni tari, karawitan, wayang, perdalangan, drama, lukis,dan patung ditampilkan baik dalam bentuk pagelaran maupun pameran. Taman Werdhi Budaya terdiri dari beberapa bangunan dengan fungsinya masing masing. Sebagai pusatnya, adalah amphitheather Ardha Candra, sebuah theater terbuka berbentuk bulan setengah yang mampu menampung sampai 600 orang sebagai tempat berbagai acara acara seni besar digelar seperti sendratari dan berbagai pertunjukan panggung lainnya.

Di sebelah barat, terdapat gedung Ksirarnawa, sebuah theater tertutup dengan kapasitas 800 orang dan tempat pameran yang terletak di lantai bawah. Di sebelah utara , terdapat bangunan utama, Gedung Kriya Uccaihsrawa, yang lebih dikenal oleh sebagai Gedung Kriya, adalah tempat pameran berbagai hasil karya seni seperti seni lukis, patung, serta kerajinan, yang mana di sebelah timurnya terdapat sebuah kolam dengan tanaman Lotus yang dilengkapi sebuah bale bengong. Selain bangunan bangunan tersebut, Taman Werdhi Budaya memiliki berbagai sarana lainnya, seperti wantilan, amphitheater kecil dan sarana lainnya sebagai tempat pertunjukan kreasi seni budaya.

Dirancang oleh arsitektur termuka Bali yakni Ida Bagus Tugur, tempat ini mengadopsi arsitektur pura dan Istana Kerajaan di Bali. Kawasan Taman Budaya yang dibelah sebuah sungai dari timur ke barat ini dibagi dalam empat kompleks yaitu: kompleks suci meliputi Pura Taman Beji, Bale Selonding, Bale Pepaosan; kompleks tenang meliputi Perpustakaan Widya Kusuma; kompleks setengah ramai meliputi Gedung Pameran Mahudara, gedung kriya, studio patung, wisma seni dan wantilan dan komplek ramai meliputi panggung terbuka Ardha Candra dan Panggung tertutup Ksirarnawa.

(berbagai sumber)