Taman Kota 1 BSD

Taman kota yang terletak di bilangan Giri Loka BSD City dan bersebelahan dengan kompleks sekolah Islam Al-Azhar BSD ini menjadi tempat yang spesial bagi warga di sekitarnya untuk meluangkan waktu sejenak dari rutinitas sehari-hari yang sangat melelahkan serta menguras tenaga dan pikiran. Dibuatnya Taman Kota ini merupakan bentuk penerapan tanggung jawab pihak pengelola BSD City terhadap ekosistem lingkungan sekitar.

Pihak pengelola BSD City membangun dua taman kota. Taman kota BSD 1 berada di bilangan Giri Loka dibangun pada tahun 2004 dengan luas areal 2,5 hektar dan ditumbuhi 60 jenis tanaman dengan jumlah pohon mencapai 2.500 pohon.  Di taman ini juga dilengkapi dengan fasilitas Plaza dan panggung di depannya ketika kita masuk ke Taman Kota 1, jogging track, fitness ground, lintasan akupuntur, tempat bermain anak, papan petunjuk, jembatan gantung, dan kios-kios jajanan di samping tempat parkir.

Sedangkan Taman Kota 2 BSD berada lumayan jauh dari Taman Kota 1. Taman Kota 2 tepat berada di kawasan Taman Tekno sebuah pusat pergudangan besar yang berada dekat dengan kompleks Taman Makam Pahlawan Seribu Serpong menuju arah selatan ke daerah Muncul, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan.

Untuk menuju lokasi taman kota 1 BSD dapat dicapai melalui jalan raya serpong ambil arah ke BSD, lalu di depan BSD Junction ambil jalur kiri yaitu jalan yang menuju tol Bintaro / Pondok Indah. Lokasinya berada di sebelah kanan jalan, akan ada papan petunjuk di depan kawasan taman kota ini. Tempatnya cukup rapi dan bersih, di depan  pintu masuk berjajar kios para penjual makanan dan minuman.

Rasa teduh langsung terasa begitu memasuki kawasan ini, bahkan di saat teriknya matahari. Pohon-pohon yang rindang berjajar rapi, rumputnya pun terlihat terawat dan kawasan ini terlihat bersih dari sampah, terdapat tempat sampah di sepanjang kawasan dan papan peringatan untuk menjaga kebersihan. Papan petunjuk yang menjelaskan nama pohon membuat kawasan ini dapat sekaligus sebagai wahana untuk menambah ilmu untuk anak-anak kita, bahkan terdapat beberapa papan informasi yang menjelaskan tentang jenis daun dan juga jenis-jenis kayu. Suasana taman kota terasa lebih ramai pada saat hari minggu atau hari libur baik dipagi hari atau pun sore hari.

Pengunjung yang datang biasanya berdomisili tidak jauh dari taman kota, sehingga mereka lebih leluasa untuk mengajak anak-anak mereka baik itu hanya untuk jogging atau sekedar menemaninya bermain dia arena bermain yang memang tersedia untuk anak-anak.  Di tempat ini juga terdapat jalur untuk refleksi gratis, yaitu cukup melepaskan sepatu kita dan berjalan sepanjang jalur refleksi (accupuncture walk) untuk melancarkan peredaran darah. Fasilitas toilet juga tersedia. Dan di belakang taman kota, ada sebuah jembatan gantung yang menghubungkan ke depan sekolah Al Azhar.

Bagi anda khususnya warga sekitar BSD tidak ada salahnya untuk berkunjung ke taman kota 1 BSD ini untuk melupakan sejenak kesibukan sehari-hari dan menikmati sejuknya udara di tengah hiruk pikuk kota yang semakin tidak menentu. (berbagai sumber)