Warung Encim Sukaria

Sukaria adalah nama yang jamak bagi orang Tapanuli. Tetapi, kok yang satu ini malah Encim (nenek dalam dialek Tionghoa)?
Perempuan Tionghoa ini dulunya sejak tahun 1960-an berjualan di dalam Gang Sukaria, daerah Kapling, Tangerang. Nama gang itulah yang hingga kini melekat sebagai nama Si Encim yang kini sudah meninggal. Para pelanggannya masih mengingat dia sebagai seorang perempuan yang galak. Tetapi, berhubung nasi uduk yang dijualnya sangat lezat, maka orang pun tetap antre dengan takzim di sana.

Warung nasi uduk itu sekarang sudah keluar dari gang dan pindah ke jalan besar. Anak Si Encim meneruskan usaha. Sekarang, bahkan cucunya pun sudah membuka usaha yang sama di tempat yang bersebelahan. Bila generasi kedua berjualan dari pagi sampai siang, maka generasi ketiga berjualan mulai siang hingga petang. Solusi damai yang menyenangkan.

Suguhan utamanya adalah nasi uduk (Rp 9 ribu), dan nasi ulam (Rp 8 ribu) keduanya adalah nasi gurih khas Betawi. Nasi uduk adalah nasi yang diliwet dengan santan dan berbagai bumbu dengan aroma harum sereh dan daun salam yang memukau. Sedangkan nasi ulam adalah nasi putih yang diaduk dengan serundeng (parutan kelapa goreng). Untuk nasi uduk, lauknya adalah: semur jengkol, bihun goreng, semur kentang/ tahu, dan acar. Sedangkan lauk nasi ulam adalah: bihun goreng, irisan dadar telur, dan semur kentang. Kuah semur kentang diguyur di atas nasi ulam, lalu ditaburi irisan timun, daun kemangi, serta tumbukan kasar kacang tanah dan kedelai.

Sudah banyak korban “kecanduan” di warung ini. Bukan saja karena harganya yang murah, tetapi juga karena suasananya yang tradisional, dan masakannya memang sungguh lezat. Berbagai lauk juga tersedia untuk menambah “kemewahan” sajian. Tidak hanya nasi uduk dan nasi ulam yang dijajakan di warung ini, tetapi terdapat juga mi ayam/sapi, tekwan, kwetiauw, dan berbagai jajanan. Jajanan ini dijajakan di bagian depan warung. Ada kue bola (alias onde-onde), gemblong, kue pisang, tape uli, talam ubi ungu, dan lain-lain.

Encim Sukaria
Jl. Soleh Ali
Kapling, Tangerang
021 5521049

(detikFood)