Angkringan Fatmawati

Bicara tentang angkirngan, sangat identik dengan kota Yogyakarta. Kota pelajar ini memang terkenal akan budaya dan kulinernya yang khas. Salah satu makanan khas Jogja yang banyak digemari yaitu Nasi Kucing. Tidak hanya masyarakat Jogja atau Jawa Tengah saja yang mengenal nasi kucing, kota-kota lain termasuk Jakarta juga cukup mengenal kuliner yang satu ini. Untuk menikmati kuliner yang satu ini untuk warga Jakarta memang sedikit sulit karena tidak banyak penjual nasi kucing di sini berbeda dengan di kota asalnya, Jogja. Di Kota Jogja dan sekitarnya pedagang nasi kucing mudah ditemukan di pinggir jalan.

Nasi kucing adalah nasi yang dibungkus daun dalam porsi sedikit. Dikarenakan porsinya yang sedikit seperti makanan untuk kucing, maka disebut nasi kucing. Terdapat berbagai macam pilihan lauk yang bisa dipilih, di antaranya telur, ikan, ayam, daging, serta goreng-gorengan.

Untuk masyarakat Jogja yang tinggal di Jakarta dan merindukan masakan-masakan khas Jawa tersebut, akan terobati jika berkunjung ke Angkringan yang berada di kawasan Fatmawati-Jakarta Selatan. Awalnya hanya berupa gerobak kecil di pojokan jalan, sekarang semakin besar dan makanannya makin beragam. Dikemas dengan gaya lesehan Jawa, cita rasa berbeda ditambah suasana yang nyaman, membuat angkringan ini jadi tempat nongkrong yang asik dan murah-meriah.

Angkringan yang dikenal dengan nama fatmawati ini lazim seperti angkringan yang lainnya yang ada di Jogja yaitu nasi kucing dan berbagai macam gorengan. Untuk tiap harinya pengunjung yang datang sudah tidak bisa dihitung lagi, untuk nasi kucingnya bisa habis ratusan bungkus perharinya. Dengan adanya angkringan ditengah-tengah kota Jakarta memberikan obat rindu tersendiri bagi pengunjung yang asalnya dari Jogja, yang mungkin hanya ada satu di Jakarta.

Warung ini hanya buka pada malam hari dengan ukuran menu yang mini pas sekali untuk mengganjal perut di malam hari sebelum tidur. Bukan hanya ukuran nya aja yang mini makan di sini juga hanya mengeluarkan uang yang mini-mini, plus makanannya lumayan enak buat nemenin sekedar sharing atau curhat. Di warung ini paling asyik untuk menjadi tempat bersantai bersama teman-teman. Jika anda ingin menikmatinya coba perhatikan perjalanan dari Pondok Labu menuju Blok M di sebelah kiri anda tepatnya tidak jauh dari D’Best Fatmawati. Karena di sekitar lokasi hanya warung ini saja yang berupa lesehan sehingga tidak sulit untuk menemukannya.

Menu nasi biasanya porsinya tidak lebih dari segenggam tangan. Tapi lauknya yang bermacam-macam. Mulai dari telur, ati ampela, teri, mie, ikan, ayam, rendang dan lainnya. Makin mantap ditambah dengan aneka gorengan, sate dan bakar-bakaran. Juga segelas wedang jahe atau aneka minuman hangat lainnya.

Menu utama:
Nasi kucing, aneka sate, gorengan, dan bakar-bakaran.

Angkringan – Fatmawati 
Jl. RS. Fatmawati Raya No. 77
Cilandak, Jakarta Selatan
INDONESIA 12430
Tepat di depan Toko Warna Indah
(dari arah Blok-M sebelah kanan jalan setelah Furniture Center)
Telepon: (021) 6876 3852, 081315100072
Jam Buka: 08.00 – habis
Kisaran harga: Rp 5.000 – Rp 9.000