Ketoprak Ciragil

Ketoprak Ciragil
Jika Anda termasuk salah satu pecinta makanan berbasis kacang ini, Cobalah bertandang ke warung ketoprak Ciragil. Pasalnya, ketoprak di sini memiliki rasa cukup unik. Bila umumnya ketoprak disajikan dengan bumbu kacang halus, ketoprak Ciragil menggunakan kacang mede sebagai campuran bumbunya. Sehingga rasa gurih yang keluar dari kacang mede menghadirkan kelezatan tersendiri di lidah.

Sekitar tahun 1980-an, Haji Taslani mulai merintis usaha ini bersama sang istri tercinta, Taslani berkeliling menggunakan gerobak. Sebelum akhirnya ia memutuskan mangkal di dekat jembatan sekitar Jalan Ciragil. Nama itulah yang sekarang dikenal di kalangan pelanggan pecinta ketoprak Ciragil. Baru tahun 1994 memutuskan mengontrak kios di Ciragil, sampai kini. Usaha Taslani diteruskan oleh ketiga anaknya yang mengelola secara bergiliran. Hingga kini, sang cucu pun ikut meneruskan. Sayang, kedai yang dijalankan secara bergantian dan turun-temurun hingga generasi ketiga ini hanya memiliki satu kedai.

Ketoprak CiragilKetoprak Ciragil yang beralamat di Jalan Cikatomas II/24, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, memang hidangan lezat yang menarik untuk dicicipi. Karena mulai dari rasa, keunggulan, dan bumbu berbeda dengan ketoprak lainnya. Ketoprak ini lebih banyak bermain bumbu lewat campuran kacang mede. Sehingga menciptakan rasa “kres”, yang tak didapatkan dari ketoprak biasanya.

Nah, untuk sajian pelengkap ketoprak pada umumnya, disajikan pula bihun, tahu, serta telor. Namun, di sini pengunjung dapat memilih telor ayam atau telor asin sesuai selera.

Irisan lontong nan empuk, serta tekstur bumbu kacang yang dicampur bawang putih dan gula merah kian menambah kenikmatan saat Anda menyantapnya. Apalagi jika ditambah dengan cabai. Sebab, penjual sengaja tak mencampur bumbu dasar dengan cabai. Sehingga para penikmat ketoprak ini bisa menambahkan cabai sesuai selera masing-masing.

Nah, jika Anda ingin menikmati ketoprak Ciragil ini, Anda dapat merogoh kocek Rp13.000 untuk satu porsi. Buka setiap hari dari pukul 09.30-19.00 WIB.

Ketoprak Ciragil
Jl. Cikatomas II No. 24
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

(Berbagai Sumber)