Djendelo Cafe

Djendelo Cafe merupakan sebuah cafe murah meriah yang bernuansakan tradisional yang mencerminkan budaya masyarakat Yogyakarta. Dengan nama Djendelo, tempat makan dan minum yang dikemas dengan sederhana ini benar-benar ingin menjadi ‘Djendelo’ bagi para tamunya yang datang. Betapa tidak, posisinya yang terletak tepat di lantai atas toko buku diskon Togamas memungkinkan pengunjung untuk ‘menengok’ apa saja yang terjadi ‘di luar’ maupun ‘di dalam’ tempat ini di samping memberikan akses kepada pengunjung untuk memilah dan memilih buku-buku yang terdapat di toko buku Togamas.

Coffee shop yang Jogja banget ini dibuka sejak Februari 2005 di jalan H. Affandi – Gejayan Yogyakarta di lantai dua toko buku diskon Toga Mas. Dengan disain yang sederhana khas dengan bangku kuno terbuat dari anyaman rotan dan lantai kayu, tempat minum ini semakin menguatkan image-nya sebagai tempat untuk berinteraksi yang nyantai dan nyleneh bagi kawula muda Kota Gudeg. Aroma klasik semakin tercium dari tempat yang menyuguhkan hidangan yang serba murah ini ketika memandangi beberapa pernik kuno terpampang di beberapa sudut thempat ini. Sebagian besar koleksi tersebut merupakan pemberian khusus dari pengunjung dan sebagian lagi merupakan koleksi dari pemilik tempat ini.

Sambil menikmati hidangan khas tempat ini yakni aneka minuman dan makanan khas Jawa dalam bungkusan yang sederhana, Anda dapat pula menikmati beberapa kegiatan yang sering diadakan tempat ini seperti diskusi, bermacam acara sederhana atau sekadar melihat pameran fotografi yang berlokasi di sebelah timur tempat ini.

Bertempat di toko buku Togamas Gejayan, sebuah toko buku dengan arsitektur kayu yang menarik, konon adalah karya arsitek terkenal Eko Prawoto.

Djendelo cafe menempati lantai dua, dari depan kita bisa melihat suasana di dalam kafe melalui jendela kayu berwarna natural yang berjejer, kurang lebih 80% dinding depan lantai dua adalah deretan jendela kayu berukuran besar, mungkin inilah kenapa kafe ini diberi nama Djendelo.

Karena tidak ada dinding penyekat di lantai dua, suasana di lantai satu yang adalah toko buku bisa terlihat dari cafe ini. Berlantai kayu dengan dukungan kursi kayu lama yang bisa dibilang antik, perabotan seperti lemari dan meja kayu antik yang ditata di tempat kasir yg juga merupakan penyekat dapur. Interior juga ditata dengan menyediakan tempat duduk lesehan, bisa dipakai jika datang beramai-ramai sehingga lebih nyaman untuk aktifitas bermain game kartu atau semacamnya.

Di lantai dua menyatu dengan kafe ini juga terdapat ruang pamer yang biasa dipakai komunitas fotografi untuk pameran karya. Menurut pengelola kafe penggunaan ruang pameran tidak dikenakan biaya, selama tidak ada event pendukung pameran yang menggunakan ruangan kafe. Jika komunitas anda membutuhkan sebuah ruang pamer karya, tempat ini bisa jadi pilihan.

Tersedia bermacam menu makanan dan minuman, dengan nama nama yang unik dan kadang menggelitik, dari info yg kami terima penggunaan nama-nama yang terkesan aneh tersebut bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang melahirkan keakraban antara pekerja di kafe dengan pengunjung.

Seperti umumnya sebuah kafe di Jogja, disediakan fasilitas seperti Wi-Fi untuk berinternet. Sebuah kafe dalam toko buku dengan design arsitektur kayu unik, tentu sebuah tempat yang punya nilai lebih menjadi tempat tongkrongan.

Menu

  • Nasi bungkus
  • Mie Jawa
  • Aneka Kopi
  • Aneka Coklat
  • Aneka Es krim
  • Aneka Yogurt
  • Aneka Teh
  • Aneka Milkshake
  • Aneka Saribuah

Jam Buka
Senin – Sabtu: pukul 12.00 – 23.00 WIB
Minggu: pukul 16.00 – 23.00 WIB

Fasilitas

  • Hotspot
  • Musik
  • Perpustakaan

Tips & Trik
Jika Anda mempunyai laptop, bawalah ke tempat ini untuk sekadar browsing atau mengecek email.

Djendelo Cafe
Jl. Affandi – Gejayan No. 5
Sleman, Yogyakarta
Indonesia 55281
Telp. (0274) 745 1654