Wisata Kaliurang

Jika anda mencari tempat liburan yang bernuansa kesejukan dan keindahan alam, mungkin anda bisa mencoba mengunjungi obyek wisata Kaliurang di Yogyakarta. Ada beberapa tempat yang memberikan sisi keindahan yang berbeda- beda. Kaliurang sendiri berbentuk seperti sebuah komplek yang sisi kanan dan kirinya masih dikelilingi hutan yang begitu luas dan indah. Ada sebuah tempat dimana kita bisa memandang keindahan Kaliurang, yaitu gardu pandang.

Kaliurang yang secara harfiah dalam bahasa Indonesia berarti “Sungai Udang”, adalah sebuah tempat wisata yang terletak di provinsi Yogyakarta, persisnya di Kabupaten Sleman, di perbatasan dengan provinsi Jawa Tengah. Akses menuju ke Kaliurang sangat mudah. Setidaknya dengan jalan kaki atau menumpang angkutan bus, kol (Colt), taxi, ojek atau becak (jarang yang mau), melewati Jalan Kaliurang. Jarak Kaliurang ke Yogyakarta kurang dari 1 jam perjalanan, dan ke Surakarta kurang dari 3 jam perjalanan.

Kaliurang adalah sebuah resor atau tempat peristirahatan karena sejuknya udaranya. Maka di sini terdapat banyak vila-vila penginapan, kebanyakan orang sekitar menyebutnya wisma. Tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri adalah Tlaga Putri. Di Kaliurang terdapat sebuah bangunan bersejarah yaitu Wisma Kaliurang. Di sana pernah terjadi Perundingan Khusus antara Republik Indonesia dengan Komisi Tiga Negara pada 13 Januari 1948. Perundingan Kaliurang ini melahirkan Notulen Kaliurang.

Masih disekitar Kaliurang ada tempat lain yang cukup indah dan pantas dikunjungi yaitu kali kuning. Disana anda dapat berjalan jalan menyusuri sungai kecil yang jernih dan bersih. Terkadang kita tidak akan merasa lelah ketika kita berjalan jalan di tempat seperti itu. Atau jika anda ingin melihat bekas larva 2007, anda bisa mampir di kaliadem. Disana anda akan disuguhi pemandangan berupa bekas keperkasaaan merapi berupa sungai besar yang tertutupi pasir ( bekas erosi merapi).

Daerah Kaliadem dulunya merupakan daerah wisata sungai yang menjanjikan keindahan dan keasrian alam pegunungan dengan aliran air sungai yang jernih dan dingin. Kini daerah wisata Kaliadem tersebut telah berubah nama menjadi daerah wisata LAVA TOUR ex-Kaliadem. Akibat letusan gunung Merapi kala itu, daerah ini tertimbun dengan material Lava gunung Merapi.

Keunikan dari Kaliurang yang lain adalah, di sini jalan-jalan raya (aspal) yang bisa dilalui oleh mobil terdapat banyak cabang yang semuanya saling terhubung antara satu sama lainnya, sehingga kita bisa menghabiskan waktu dengan sekadar memutari jalan-jalan di daerah wisata ini. Selain itu, di sini juga banyak terdapat villa-villa maupun penginapan dengan harga yang variatif, mulai dari 40 ribuan hingga ratusan ribu per malam, tergantung fasilitas dan lokasi yang ditawarkan.

Jika ingin menikmati pemandangan Kaliurang, para pengunjung bisa berkeliling menggunakan kereta kelinci yang dikenal dengan istilah sepoer. Kendaraan ini biasa mangkal di depan taman wisata yang dipenuhi dengan kios-kios penjaja makanan. Jalur yang dilaluinya mengitari kawasan wisata Kaliurang dari timur ke barat. Melewati gardu pandang yang terletak di sebelah barat, Merapi akan terlihat jelas ketika cuaca cerah.

Sebelum pulang pastikan untuk membawa sedikit oleh-oleh yang dijajakan. Mulai dari buah-buahan produksi petani lokal hingga makanan khas yakni tempe dan tahu bacem serta jadah (makanan yang terbuat dari beras ketan dan parutan kelapa). Hamparan hijau di kaki gunung, udara sejuk dan segala paket kemewahan alamnya, akan meredakan segala kepenatan dan memberikan kesegaran dari hiruk pikuknya perkotaan.

(berbagai sumber)

1 Response

  1. dhanangpn says:

    Ayo Ikuti…..
    MANCING BERSAMA DI WADUK BOTOK
    Tema “Go Green, Get More Strike”
    Waktu : Tanggal 13, 15, 17 dan 20 Juni 2010
    Start : Jam 5.30 WIB
    Lokasi : Waduk Botok (Jl. Batujamus – Sragen Km 2)
    Mojodoyong, Kedawung, Sragen, Jawa Tengah
    Jumlah ikan lebih dari 200.000 ekor ikan Nila, Tawes, Tombro dan Kaper Mas.
    Harga tiket tanggal 13, 15, 17, 20 = 40ribu, 30 ribu, 20 ribu, 15 ribu.
    Ada Doorprice!!!
    Panitia juga menyelenggarakan aksi penanaman pohon di sekitar Waduk.
    Contact Person: (0271) 9143105