Air Terjun Moramo

Air Terjun Moramo terletak di kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa yang mempunyai luas 38.937 Ha. Tepatnya di Desa Sumber Sari, kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan, Propinsi Sulawesi Tenggara. Di kawasan wisata air terjun ini juga terdapat potensi kekayaan batu alam berupa marmer. Diperkirakan, kandungan marmer tersebut secara keseluruhan berkisar 860 milyar meter kubik. Marmer di kawasan ini merupakan salah satu sumber cadangan marmer terbesar di dunia.

Tingkatan dan Bebatuan
Air Terjun Moramo merupakan air terjun bertingkat (cascade) dengan ketinggian 100 meter. Air Terjun Moramo memiliki 7 undakan/tingkatan utama dan 60 undakan/tingkatan kecil yang tampak seperti kolam kecil tempat peristirahatan air yang mengalir, kolam ini biasa digunakan sebagai tempat pemandian ataupun berenang.

Daya pikat yang tidak kalah menariknya adalah pesona bebatuan yang membentuk tingkatan. Bebatuan yang membentuk tingkatan tersebut tidak licin meski dialiri air secara terus menerus, sehingga pengunjung dapat mendaki sampai ke puncaknya. Menuju tingkat pertama melalui batuan yang bertingkat seolah mendaki anak tangga yang dihampari permadani air yang sangat jernih. Di samping itu, bebatuan tersebut juga memberi pesona yang menakjubkan ketika tersentuh oleh sinar mentari. Bebatuan itu akan memancarkan kilauan warna indah yang didominasi oleh warna hijau.

Flora dan Fauna
Di kawasan objek wisata Air Terjun Moramo, juga terdapat aneka flora dan tak ketinggalan ragam fauna seperti aneka ragam burung, kupu-kupu yang berwarna-warni, dan berbagai satwa lainnya. Para wisatawan yang datang ke tempat wisata ini tidak hanya disuguhi pemandangan alam yang indah dan air terjun yang unik, tetapi juga sajian eksotisme pepohonan karena terletak di kawasan hutan dan suara binatang hutan yang seakan menyambut gembira kedatangan mereka. Lengkap sudah kekayaan dan keindahan alam di obyek wisata Air Terjun Moramo, mulai dari panorama alam yang menakjubkan, suara teduh air terjun, kicauan burung yang saling bersahutan, serta tarian kupu-kupu beraneka warna yang terbang kesana kemari.

Akses
Kawasan ini berjarak sekitar 65 Kilometer dari Kendari. Untuk merasakan kesegaran dan keindahan Air Terjun Moramo, dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi. Perjalanan dapat dimulai dari Bandara Walter Monginsidi yang terletak di Kabupaten Konawe Selatan. Dari bandara Walter Monginsidi, langsung menuju kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa tepatnya di tempat pemberhentian akhir kendaraan. Dari situ perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 2 kilometer. Kawasan ini dilengkapi pondok di dalam areal air terjun guna melepas lelah.

(Berbagai Sumber)

3 Responses

  1. ardelia says:

    ternyata indonesia sangat indah

  2. umar Bachmid says:

    Air terjun moramo adalah kebanggaan sulawesi tenggara, maka dari itu perlu dijaga kelestariannya….

  3. Supit anak moramo says:

    i like it air terjun moramo,
    saya berharap banyak wisatawan yg datang di wisata air terjun moramo.