Air Terjun Sendang Gile

Salah satu objek wisata yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Pulau Lombok adalah Air Terjun Sendang Gile. Air terjun Sendang Gile ini terletak tepat di bawah Gunung Rinjani di kabupaten  Lombok Utara. Air terjun Sendang Gila atau yang lebih dikenal dengan sendang gile merupakan salah satu dari sekian banyak objek wisata yang menarik di Lombok. Air terjun berketinggian kurang lebih 30 meter ini mencurahkan debit air yang cukup besar. Air yang muncul dari atas tebing akan jatuh ke sungai yang dangkal sehingga para pengunjung dapat berenang maupun sekedar mandi.

Asal Usul Nama
Asal mula ditemukannya air terjun ini, menurut kepercayaan penduduk setempat, adalah air terjun ini ditemukan tidak sengaja oleh seorang penduduk saat mengejar singa gila yang seringkali merisaukan kampung mereka. Singa itu pun lari masuk ke hutan, tempat ditemukannya lokasi air terjun. Penduduk setempat menyebut singa gila dengan sebutan sengang gila. Namun, pelafalan sengang berangsur-angsur berubah menjadi sendang. Oleh sebab itu, air terjun ini lebih dikenal dengan nama Sendang Gila.

Keistimewaan
Untuk sampai ke air terjun ini, wisatawan harus melewati 300-an anak tangga melalui sebuah lembah yang memerlukan waktu kurang lebih 15 menit. Perjalanan yang lumayan melelahkan akan terobati ketika sampai di air terjun ini. Menawarkan suasana yang hening, jauh dari kehiruk pikukan kota, serta panorama alamnya yang menawan membuat wisatawan gemar mengunjungi tempat wisata ini sebagai tempat untuk sekedar menghilangkan penat dan lelah. Ditambah lagi sejuknya udara yang berhembus dari Gunung Rinjani menambah suasana rileks dan membuat lupa sejenak akan kesibukan sehari-hari.

Aur terjun yang termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Bayan ini memiliki sensasi yang unik. Cobalah diam di bawah air terjun dan rasakan jatuhnya air. Memang sakit, tapi kapan lagi Anda mencoba! Air terjun Sendang Gile menjadi destinasi yang menarik karena menyuguhkan kesejukan khas Lombok. Selain air terjun ini ternyata ada beberapa tempat menarik lainnya di Kecamatan Bayan. Beberapa di antaranya adalah pos pendakian Gunung Rinjani, Mesjid Kuno Bayan, dan desa tempat pembuatan kain khas Lombok.

Air yang jatuh dari air terjun ini juga terasa sangat segar karena langsung berasal dari Gunung Rinjani. Selain itu, ada keunikan yang membedakan air terjun ini dengan yang lainnya. Ada juga yang mempercayai jika mandi atau sekedar membasuh muka di air terjun ini akan membuat seseorang setahun lebih muda dari umur yang sebenarnya. Jadi tidak salah jika air terjun sendang gile begitu diminati oleh para wisatawan.

Akses
Perjalanan menuju ke tempat wisata ini dapat ditempuh dari pusat kota Mataram, dengan jarak sekitar 6 km selama 2,5 jam menggunakan kendaraan pribadi. Apabila menggunakan angkutan umum, dari Mataram hanya sampai menuju Bayan dengan membayar ongkos Rp. 20.000 – Rp. 25.000, selanjutnya harus naik ojek menuju Senaru. Apabila posisi dari pantai Senggigi, maka dapat melalui arah utara melewati Hutan Pusuk.

Tarif
Tarif retribusi untuk memasuki lokasi wisata ini adalah sebesar Rp. 2.000. Di sini pengunjung akan ditawarkan menggunakan jasa pemandu atau tidak. Keuntungan memakai jasa pemandu adalah agar pengunjung tidak tersasar dan bisa jadi akan diajak bertualang menggunakan track yang berbeda. Jasa pemandu ini masih bisa ditawar tarifnya.