Bumi Perkemahan Ranca Upas

Bumi perkemahan Ranca Upas, sekitar 43 km sebelah Selatan dari kota Bandung, merupakan kawasan yang sering dijadikan oleh pecinta alam sebagai area berkemah. Kawasan camping ground ini memiliki area yang sangat luas, sering sekali dipakai oleh kelompok pendaki gunung untuk berlatih navigasi darat maupun survival karena daerah ini memiliki kawasan yang berbukit–bukit, rawa dan hutan yang cukup lebat sehingga menjadi lokasi yang cukup tepat untuk berlatih. Di kawasan inipun terdapat pemandian air panas.

wisata alam ini terletak pada ketinggian 1700 m diatas permukaan laut dengan konfigurasi lapangan datar sampai bergelombang. Suhu udara rata-rata 18-230 C dengan curah hujan 3740–4050 mm/th. Hutan alam di sekitar kawasan ranca Upas ditumbuhi antara lain pohon Puspa, Jamuju, Huru, Kitambang, Kihujan, Hamirung, Kurai dan pasang. Sedangkan fauna yang dapat ditemukan di kawasan ini antara lain burung tekukur, gagak, elang serta surili, monyet dan macan. Fasilitas yang terdapat di bumi perkemahan ini antara lain menara padang, areal berkemah, musholla, MCK dan kios-kios dagang. Disini juga bisa didapatkan minuman khas masyarakat suku sunda yaitu Bandrek, terutama merek yang menjadi legenda yaitu Bandrek Abah. Cukup mengeluarkan uang Rp 30.000,- kita bisa membawa 1 botol bandrek abah.

Bumi Perkemahan Ranca Upas. Bumi perkemahan yang berada di Ciwidew Kabupaten Bandung ini memiliki berbagai kelebihan. Selain dijadikan untuk perkemahan para penikmat alam, disana juga terdapat wisata yang tak kalah bagus untuk dinikmati yaitu penakaran rusa dan juga pemandian air panas. Penakaran rusa dan pemandian air panas yang berada di lingkungan perkemahan, memudahkan para wisatawan untuk dapat menikmati wisata tersebut tanpa harus mengocek dan mengeluarkan isi kantong.Karena bumi perkemahan ini berada di daerah dataran tinggi, maka suhu udaranya pun cukup dingin, oleh karena itu anda harus dan wajib menyediakan baju hangat agar tidak kedinginan. Bagi yang mau berkemah, anda cukup membawa perlengkapan standar berkemah, seperti tenda, jas hujan, peralatan makan dan peralatan shalat.

Perjalanan menuju bumi perkemahan ranca upas ini pun tidak terlalu sulit, tapi anda membutuhkan kendaraan yang memilki mesin yang cukup baik dan tentu dengan bahan bakar yang cukup. Karena perjalanan menuju ciwidey ini akan melewati jalan yang menanjak dan berkelok-kelok. Dalam perjalanan menuju Ciwidey, anda dapat menikmati pemandangan kebun strawbery yang dimiliki warga sekitar. Dalam jalur yang sama, anda dapat juga mengunjungi Kawah Putih dan juga Situ Patenggang.

Bumi Perkemahan Ranca Upas dapat dicapai dengan kendaraan roda dua, empat dan roda enam. Jarak tempuh dari pangalengan 15 km dan dari Bandung 56 km dengan kondisi jalan beraspal. Paling berkesan dan menyenangkan jikalau berkelompok atau beramai-ramai ke Bumi Perkemahan Ranca Upas menggunakan kendaraan roda dua bareng-bareng alias touring jarak pendek, tetapi bukan untuk mengganggu jalanan dengan kecepatan tinggi dikarenakan panorama disepanjang jalan menuju Ranca Upas terlalu sayang kalau terlewatkan.

(berbagai sumber)