Cagar Alam Pulau Nusa Barong

Cagar Alam Pulau Nusa Barong ini terletak di kabupaten Jember dan merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Hindia dan berbatasan dengan Australia.

Nusa Barong ialah sebuah cagar alam sejak tahun 1920. Di pulau ini dapat ditemukan berbagai macam spesies flora dan fauna. Fungsi utama cagar alam ini adalah sebagai perlindungan Lutung budeng (Trachypithecus auratus) yang terancam punah.

Aneka macam flora yang ada di pulau ini adalah Calophyllum inophyllum, Sonneratia alba, Sterculia foetida, Terminalia catappa, Avicennia spp, Barringtonia spp, Alstonia spanthulatus, Alang-alang – Cylindrica imperata, Dillenia sp, Ficus amplas, Lumnitzera sp, Pleiornium sp, Rhizophora sspp, dan Salah satu ancaman bagi cagar alam ini adalah penebangan kayu secara ilegal. Selain sebagai cagar alam.

Nusa Barong juga dikenal karena panoramanya yang indah, pantainya yang berpasir putih serta tebing-tebing yang tak kalah indahnya.

Untuk menuju ke Pulau ini sebelumnya Anda harus terlebih dulu melakukan perjalanan dari Surabaya menuju Jember (180 Km) setelah sampai Jember kita melanjutkan perjalanan ke Desa Puger (35 Km) dan kembali melanjutkan perjalanan dengan perahu ke pulau Nusa Barong (4,5 Km).

Daya Tarik Cagar Alam Pulau Nusa Barong

Flora
Jenis-jenis tumbuhan di kawasan Cagar Alam Nusa Barong yang diketahui sebanyak 46 jenis. Beberapa jenis. Beberapa jenis yang mudah dijumpai diantaranya Endog-endogan (Xanthophyiium excelsum), Klampok hutan (Eugenia sp), Bogem (brugeura sp), Kalak (Mitrophora javanica), Laban (Vitex pubesecens), Salakan (Palmae sp).

Fauna
Berbagai jenis satwa liar yang terdapat di kawasan Cagar Alam Nusa Barong diantaranya terdiri dari jenis-jenis mamalia, aves, reptil. Jenis Mamalia yang sering dijumpai yaitu Kera (Macaca fascicularis), Babi hutan (Sus scropa) dan Tupai (Scewius notakas). Jenis-jenis Burung antara lain Pecuk ular (Antinga rufa), Kuntul (Egrelta sp), Iblis hitam (Plenadis falsinallus), Elang (Elanus sp) dan Burung Rangkong (Aceros undulatus).

Panorama
Kawasan Cagar Alam Nusa Barong memiliki panorama alam berupa pantai pasir putih yang terdapat dibagian utara. Selain suasana alam pantai yang indah, di pantai ini sering didatangi Rusa (Cervus timorensis) bermain dipantai dan Kera (Macaca Fascicularis) yang mencari makan berupa siput dan ketam.

Keunikan
Berbagai jenis dan warna Terumbu Karang yang terdapat di perairan pantai kawasan Cagar Alam Nusa Barong merupakan salah satu keunikan dan ciri khas yang ada di kawasan ini, dan merupakan tantangan untuk penelitian biota laut.

Lokasi :
Di perairan Samudera Indonesia, termasuk Desa Puger Kecamatan Puger, Daerah Tingkat II Kabupaten Jember.

Cara Mencapai Lokasi

  • Surabaya – Jember menggunakan mobil/bus dengan jarak tempuh 180 Km
  • Jember – Desa Puger menggunakan mobil dengan jarak tempuh 35 Km
  • Desa Puger – Lokasi Cagar Alam menggunakan perahu dengan jarak tempuh 4,5 Km

Cagar Alam Pulau Nusa Barong
Jember – Jawa Timur