Curug Cilember

Wisata alam Curug Cilember merupakan panorama bukit dengan hamparan pinus merkusi dimana terdapat sumber mata air dan air terjun. Lokasinya tak jauh dari Jakarta, berada disebelah kiri jalan jalur Ciawi-Puncak, tepatnya di Cisarua 15 Km dari pintu tol Gadog (Jagorawi). Berada di kawasan hutan lindung Bogor-Puncak-Cianjur (Bopunjur) di ketinggian 800 m di atas permukaan laut. Untuk mencapai Curug Cilember dari pinggir jalan raya Ciawi-Puncak, tidak terlihat ada plang jalan yg cukup jelas, jadi harus rajin bertanya ke pangkalan ojek dimulut jalan. Jalan masuknya pun cukup sempit, melewati perumahan yang cukup rapat, berbelok-belok. Kalau anda membawa kendaraan yang cukup besar, seolah-olah kita hampir menabrak atap rumah orang.

Curug Cilember berlokasi di daerah Bogor. Tepatnya berada di Desa Jogjogan Kecamatan Cisarua, 20 Km dari Bogor. Bila mengendarai mobil dari Jakarta bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam. Banyak yang belum mengetahui keberadaan dan keindahan dari Curug Cilember ini. Padahal Curug Cilember mempunyai daya tarik tersendiri, dengan kesejukan alamnya yang terasa segar dan alami. Begitu mendekati area wisata Curug Cilember, anda sudah bisa merasakan nuansa kesejukan dan kesegaran, diiringi gemericik air laksana musik nan merdu, ditambah pula dengan panorama alam yang begitu indah.

Sepanjang jalan, mungkin dalam hati anda terus bertanya-tanya, apa benar ada air terjun di belakang rumah? Setelah melalui jalan aspal mulus berliku-liku, sesekali terpaksa mundur maju saat berpapasan dgn kendaraan lawan arah, pada tanjakan terakhir yg cukup tinggi, di sebuah bukit yg masih dijaga Perhutani, dibelakang sekumpulan vila-vila dengan halamannya yg luas, terdapatlah sebuah bukit yang berbeda dari sekitarnya. Bukit tersebut terlihat mencolok diantara bukit-bukit lain yang penuh dengan ladang-ladang penduduk. Menemukan kehijauan disini, seperti menemukan oase ditengah gurun yg terdiri kampung, vila dan kebun jagung. Sepintas hanya satu punggungan bukit saja yg masih terlihat hijau dengan tanaman pinus berdiameter cukup besar. Bukit itu bernama Hambalang.

Keramahan alam, dengan bunga Anggrek yang begitu mempesona baik yang alami maupun hasil silang turut menyambut kedatangan anda setiba disini. Anda dapat menyaksikan kecantikan 12 spesies satwa kupu-kupu di taman bunga. Satwa ini terpelihara dan terjaga dengan baik. Disini terdapat pula Laboratorium penangkaran kupu-kupu yang akan melengkapi pengetahuan anda tentang satwa kupu-kupu dari berbagai jenis. Selain itu, kami menyediakan Camping Ground, untuk anda yang ingin beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke obyek utama Curug Cilember.

Plang papan nama didepan pintu gerbang bertuliskan kerjasama perhutani dengan desa Jogjogan. Fakta ini adalah salah satu contoh baik, bahwa desa turut menikmati kehadiran wisatawan dengan membantu mengelola perparkiran, kebersihan, keamanan dan bentuk pengelolaan lain. Mereka juga ikut menanam modal, warung, villa, toilet dan persewaan tenda beserta perlengkapannya. Tempat ini cukup strategis, lengkap dan cukup asri untuk acara reuni keluarga besar, liburan bersama anak-anak, maupun liburan teman-teman sekolah. Melakukan kegiatan di alam dan bermalam disini cukup menyenangkan. Anda Tak usah khawatir, disini terdapat beberapa villa mungil yg suasanya menyatu dengan alam, musholla, toilet dan kamar mandi bersih.

Anda juga tak perlu membawa perlengkapan apa-apa, karena tenda dan alat-alat masak pun bisa disewa. Keamanan yang biasanya selalu dikhawatirkan untuk sebuah camping keluarga, tak perlu ada, karena lokasi camping ground dijaga 24 jam oleh hansip dari penduduk kampung sekitar yang memahami arti pentingnya keamanan kenyamanan anda di Curug Cilember. Bagi anda yang ingin bermalam disini, tersedia fasilitas penginapan yang berada diantara pohon-pohon pinus yang rindang. Salah satu obyek yang menarik disini adalah terdapatnya tujuh (7) curug berurutan dengan airnya yang jernih, segar mengalir sampai ke sungai Cilember, Cisarua. Semuanya dapat kita nikmati dengan berjalan mendaki di sela-sela pohon Pinus. Untuk sampai ke Curug yang ke tujuh waktu yang ditempuh lebih kurang 3 jam berjalan kaki.

Bagi anda yang mempunyai hobi hiking maupun tracking, setelah melewati ke tujuh curug tadi anda dapat melanjutkan petualangan dengan mendaki hutan pinus. Anda dapat menyaksikan keindahan hutan pinus yang sangat alami. Sungguh pengalaman indah yang tak terlupakan. Ajaklah keluarga anda untuk menyaksikan keindahan Curug Cilember.

(berbagai sumber)

2 Responses

  1. olivia says:

    saya minta contact personnya doongg..saya tertarik 🙂

    • Ale says:

      @ mba Olivia, aku punya alamat lengkap curug cilember.
      Desa Jogjogan, Cisarua – Bogor
      KPH Bogor: Jl. Desa Tengah Komplek Perkantoran Pemda, Cibinong – Bogor
      Phone: 021- 8790726 Fax. 021-8756159