Gunung Salak Endah

Gunung Salak Endah terletak di sebelah barat Kabupaten Bogor, jarak tempuhnya kurang lebih 40 Km dari Kota Bogor. Kawasan Gunung Salak Endah merupakan hamparan pegunungan yang masih alami, sejuk dan udaranya segar. Tak heran apabila banyak orang menyebutnya sebagai puncak ke dua. Di Gunung Salak Endah ini terdapat beberapa obyek wisata yang layak dikunjungi, salah-satunya Curug Cigamea yang terletak di Kp. Rawa Lega Desa Gunung sari. Walaupun ketinggiannya air terjunnya tidak melebihi 50 meter namun lingkungan alam yang masih asli dan udaranya yang segar membuat kita ingin berlama-lama di sana. Lain halnya dengan Curug Seribu, dengan ketinggian air terjun melebihi 50 meter, Curug ini lebih terlihat indah dan amat menakjubkan.

Bukit-bukit menghijau, gemuruh sungai, air bening yang mengalir menuju sumber air belarang, sejuk dan bersihnya udara, adalah panorama istimewa yang dapat kita nikmati di Gunung Salak Endah. Hanya beberapa menit dari kota Bogor, dengan mudah, kita dapat menikmati semua keindahan alam tersebut. Sambil menikmati dinginnya kabut dan hembusan angin gunung, kitapun dapat menikmati asri dan alaminya Hutan Pinus. Menyusuri Hutan Pinus, kita dapat menyaksikan alam yang alami, kerbau, dan burung-burung yang melayang-layang atau sedang bertengger di dahan-dahan pinus, membuat kita merasakan kenyamanan dalam hati kita.

Nikmatnya teh atau kopi dan jagung bakar, dapat kita nikmati pada gubug-gubug yang ada di sepanjang sungai-sungai, kita dapat menikmatinya sambil bersantai. Tak jauh dari sana, kita dapat duduk-duduk menikmati kehangatan air belerang melalui sumber-sumber air panas alami. Lebih luar biasa lagi, dalam sehari, kita dapat merasakan mendung dan sejuknya udara pagi, dilanjutkan dengan hangatnya matahari. Siang hari gerimis turun, dilanjutkan dengan hujan lebat beserta kabut, hanya sesaat, kita akan kembali merasa hangatnya siraman matahari, dan kembali kabut datang dan hujan turun lagi.

Pada sore hari, kita akan menikmati senja yang luar biasa indah, bak memandang lukisan yang indah, dihadapan kita terpampang senja yang memukau. Senja akan menjadi semakin lengkap kita nikmati dengan ditemani oleh kudapan hasil bumi yang nikmat, seperti pisang rebus, ubi rebus, juga talas rebus. Dinginnya malam, dapat kita nikmati dengan ditemani sate kambing muda yang lezat yang banyak terdapat disana. Sungguh menakjubkan bukan?

(berbagai sumber)

1 Response

  1. fitriyani mahmudah says:

    kalau pergi ke gunung salak udah jelaslah kita bakal ngerasain hal-hal yang indah seperti tertulis diartikel…

    coZ ada Segunung keindahan yang dapat kita nikmati jika mita berkunjung ke gunung salak endah…….

    kalo mau mampir ya ke kp. cilengkong, kampung yang di lewati sebelum kita ke GSE