Horizontal Falls (Horriez)

Air terjun identik dengan air yang meluncur ke bawah dari tempat yang tinggi. Di Talbot Bay, Australia Barat, terdapat sebuah air terjun yang meluncur horizontal. Penasaran?

Talbot Bay di wilayah Kimberley, Australia barat memiliki fenomena unik. Di sini ada air terjun namun horizontal. Air terjun ini jarak yang tidak terlalu tinggi, hanya berkisar 1 meter.

Sebenarnya, aliran air ini tidak bisa dibilang Sebagai air terjun, karena memiliki ketinggian yang sangat rendah. Namun tempat ini lebih dikenal dengan nama Horizontal Falls atau air terjun horizontal. Horizontal Falls memiliki nama lain yaitu Horriez, biasa disebut demikian oleh orang lokal.

Air di kawasan ini berasal dari Poulton Creek dan Kepulauan Buccaneer. Alih-alih seperti air terjun, ini malah lebih terlihat seperti gelombang. Gelombang ini terjadi karena adanya penyempitan di ngarai. Gelombang di sini tingginya bisa mencapai 10 meter.

Ada dua penyempitan yang disebabkan adanya ngarai, yaitu ngarai bagian dalam dan ngarai bagian luar. Ngarai bagian dalam memiliki lebar celah yang menjadi jalur air selebar 12 meter. Sedangkan ngarai bagian luar, langsung menuju lautan memiliki celah selebar 20 meter.

Fenomena alam yang bisa dibilang unik ini menarik minat wisatawan. Airnya yang bersih membuat banyak turis sengaja datang untuk menikmati air dari atas perahu. Bagi para anak muda yang suka tantangan, di sini juga bisa menjadi tempat rafting. Gelombang yang ada di sekitar ngarai mampu memacu adrenalin.

Bagi para turis yang ingin memancing, perairan ini juga merupakan tempat yang tepat. Banyak ikan yang hidup di perairan ini, asal mancing tidak terlalu dekat dengan Horizontal Falls. Anda bisa mancing santai sambil menikmati matahari yang cerah dan birunya air di kawasan Horizontal Falls, Australia.

 (traveldetik)