Kawasan Wisata Jendela Alam

Jendela Alam adalah Arena belajar, tempat outbound dan rekreasi untuk anak-anak dan dewasa dengan sentuhan alam yang indah dan udara yang sejuk, cocok pula sebagai tempat wisata keluarga untuk mengenal alam.

Jendela Alam bertempat di Komplek Graha Puspa. Di tempat ini selain berwisata pengunjung dapat ikut melakukan kegiatan pertanian seperti bercocok tanam, pembibitan, perkebunan dan kegiatan peternakan, melihat kegiatan memerah susu sapi, menunggang kuda poni, memberi makan kepada kelinci, ayam dan bebek. Sebagai pusat arena belajar Jendela Alam juga menyediakan program edukasi untuk sekolah – mulai dari Play Group sampai dengan Tingkatan SMA, juga kegiatan untuk perorangan/individu dan instansi. Kawasan wisata Jendela Alam, menjadi tempat wisata yang mendidik seluruh keluarga.

Jendela Alam
Dengan udara sejuk khas pegunungan, Jendela Alam yang berada di daerah Lembang, tepatnya di Jalan Sersan Bajuri Km 4,5 dapat menjadi tempat rekreasi yang mendidik untuk keluarga. Anda dan keluarga dapat lebih mengenal binatang dan tumbuhan dengan lebih dekat, ditambah dengan aneka permainan menarik yang dapat dicoba.

Untuk memudahkan pembagian permainan dan fasilitas di Jendela Alam, pengelola membuat kategori-kategori yang diharapkan akan memudahkan pengunjung untuk mencoba fasilitas yang ada. Pembagiannya dibagi menjadi Jendela Hewan, Jendela Tumbuhan, Jendela Petualangan, Jendela Bermain dan Jendela Air. Masing-masing permainan dan fasilitas disesuaikan dengan nama masing-masing wahana.

Jendela Hewan
Dalam Jendela Hewan, beraneka satwa dapat dijumpai. Di sini juga ada peternakan hewan. Anak-anak dapat belajar bagaimana cara merawat dan beternak hewan serta berinteraksi langsung dengan hewan-hewan ini. Anak-anak dapat menunggang kuda pony berkeliling kawasan ini. Atau memberi makan kepada hewan-hewan yang ada di sini.

Jendela Alam memiliki bermacam-macam peternakan hewan, yaitu :

  • Peternakan kelinci
  • Peternakan sapi
  • Peternakan kuda pony
  • Peternakan ayam
  • Kandang burung
  • Peternakan kambing

Jendela Alam memiliki koleksi hewan reptil antara lain :

  • Ular : Green Python, Blood Python, King Snake, Milk Snake, Ball Python, Molurus Albino, Molurus Molurus
  • Biawak salvator
  • Forest Dragon
  • Iguana
  • Kadal Lidah Biru
  • Soa Payung
  • Leophard Chamelion
  • Katak Pesek dan Lain-lain

Jendela Tumbuhan
Dalam Jendela Tumbuhan terdapat berbagai macam area tumbuhan mulai dari tanaman obat, kebun buah dan sayur, hingga tanaman hias ada disini. Jendela Tumbuhan, mengenalkan anak-anak pada berbagai tumbuhan dan bagaimana cara berkebun. Anda juga dapat memetik buah dan sayur langsung dari pohonnya di kebun buah Jendela Alam seperti buah strawberry atau tomat untuk dibawa pulang setelah membayar harga yang telah ditentukan setiap kilonya. Pengunjung juga dapat mengenal berbagai tanaman obat yang dapat berguna untuk keluarga atau orang lain. Selain itu, Anda dapat dibuat kagum dengan berbagai tanaman hias yang indah.

Jendela Petualangan
Wahana yang menantang untuk anak-anak adalah Jendela Petualangan. Berbagai permainan seperti flying fox, meniti jembatan gantung, menyusuri jembatan tali dari ketinggian atau papan panjat dapat dicoba untuk melatih keberanian dan ketangkasan anak.

  • Flying Fox : Adalah game tantangan individu yang diadaptasi dari pelatihan militer. Game ini dilakukan dengan cara meluncur dari ketinggian tertentu. Melatih keberanian dan kemandirian dari peserta.
  • V Bridge : V-Bridge adalah salah satu game high rope yang ada Jendela Alam. Jembatan tali dengan satu tali untuk dipijak dan dua tali disamping kanan dan kiri sebagai pegangan. Karena bentuknya menyerupai huruf V, maka game ini disebut V-Bridge atau jembatan V. Permainan ini dilakukan dengan cara berjalan di lintasan tersebut dari garis start sampai finish dan tentu saja tidak boleh jatuh. Permainan ini relatif sulit dilakukan bagi mereka yang mempunyai masalah dengan keseimbangan. Filosofi permainan ini adalah bahwa di dalam hidup kita harus bisa menyeimbangakan berbagai aspek kehidupan dan menjadikannya sebuah sinergi yang akan menguntungkan kita.
  • Jembatan Goyang : Permainan ini cukup menantang andrenalin. Berjalan diatas jaring yang terpasang sungguh sangat menantang sekali namun tetap memiliki arti sendiri.
  • Halang Rintang : Arena halang rintang untuk menambah kreatifitas dan ketangkasan bagi para penantangnya. Tujuan game ini adalah untuk mengingatkan bahwa di dalam hidup pasti akan selalu ada rintangan yang harus kita hadapi.
  • Papan Panjat : Sesuai dengan nama area ini peserta dapat belajar bagaimana cara memanjat tebing dengan design khusus, area ini sangat aman meskipun bagi pemula.

Jendela Bermain
Ada juga berbagai permainan yang dapat dicoba oleh anak-anak maupun oleh orang dewasa di Jendela Bermain. Anda dapat bersepeda mengelilingi wilayah ini sambil menghirup segarnya udara Bandung. Atau mengajak anak-anak bermain di arena bermain yang ada di beberapa tempat atau mengajaknya meloncat-loncat di trampoline.

  • Bersepeda : Dengan jalur mengelilingi lapangan dan beberapa halang rintang, seperti tanjakan dan jumping pengunjung dapat bersepeda sembari menikmati suasana Jendela Alam yang sejuk.
  • Trampoline : Meloncat setinggi-tingginya di dalam trampoline ternyata sangat menyenangkan. Didesign dengan sedemikian rupa sehingga tetap aman bagi anak-anak.
  • Bak Pasir : Berkreasi dengan pasir, ayo kita buat istana pasir.
  • Playground : Arena bermain ini tersebar di beberapa lokasi Jendela alam.

Jendela Air
Yang terakhir, Jendela Air. Kolam renang beserta aneka permainan air akan menjadi tempat yang menyenangkan untuk anak-anak. Dibuat dengan kedalaman bervariasi sehingga kolam ini dapat dipergunakan dari level anak-anak hingga remaja.

Sebagai sarana pelengkap di Jendela air terdapat water boom. Disini pengunjung dapat meluncur langsung ke kolam renang melalui slide dengan ketinggian 4.6 m, panjang 36 m, lebar 90-110 cm, serta kolam renang yang dilengkapi air tumpah.

  • Penjernihan Air : Sebagai sarana edukasi, sehingga pengunjung dapat melihat secara langsung proses penjernihan, baik dari media, alat dan prosesnya itu sendiri.
  • Water Ball : Berjalan diatas air..??? pasti bisa apabila kita berada di dalam water ball, Permainan ini mempunai banyak julukan, sebagian orang menyebutnya “Gogel” ( Bola Gelo ) atau Hamster Ball. Di Jendela Alam Pengunjung dapat mencoba permainan ini di area Jendela Air.
  • A.B.S.A.H (Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan) : Sarana Edukasi yang menjelaskan tentang pemanfaatan air hujan. sehingga kita dapat menghemat sumber daya air untuk masa depan sesuai dengan Moto Jendela Alam yaitu ” Save The Nature For Future”
  • Lobster : Tahukah anda bahwa sebebarnya binatang ini bukan hanya nikmat untuk di santap.. beberapa jenis lobster juga bisa di jadikan hiasan di dalam aquarium karena warna dan corak yang sangat indah. Di Jendela Alam kami mempunyai beberapa varian dari hewan ini, seperti :
    • Black Tiger
    • Snow White
    • Red Marlboro
    • Blue Prik
    • Red Claw
  • Aquascaping : Dengan berkembangnya jaman yang semakin maju membuat manusia sekarang sulit untuk menikmati keindahan alam, baik karena aktivitas maupun disebabkan oleh kerusakan alam. Oleh karena itu saat ini banyak berkembanglangkah-langkah untuk melestarikan lingkungan hidup, salah satunya dengan membuat Aquascaping. Aquascaping dalam bahasa sehari-hari dapat diterjemahkan sebagai memindahkan suatu komunitas bawah air baik itu berupa tanaman maupun hewan ke dalam sebuah kotak kaca yang berisi air (Aquarium), agar dapat di letakkan di tempat yang dikehendaki, sehingga keindahannya dapat dinikmati kapan saja.

Tiket masuk Jendela Alam sebesar Rp 6.000,-. Sedangkan untuk mencoba permainan di wahana-wahana lain seperti Jendela Air, Jendela Petualangan atau mencoba kegiatan-kegiatan yang ditawarkan, pengunjung harus membayar lagi.

Berwisata alam memang menyenangkan, terlebih lagi jika bisa mendapat pengetahuan yang berguna untuk anak-anak. Selain tentunya Anda dan keluarga juga dapat menikmati kesegaran dan Jendela Alam merupakan salah satu tempat yang menyediakan hal tersebut.

Kawasan Wisata Jendela Alam
Komplek Graha Puspa
Jl. Sersan Bajuri Km. 4,5
Cihideung Lembang
Bandung, Indonesia
Telp. (62-22)-2788482 / 2788513)
Fax. (62-22)-2788513

(Berbagai Sumber)