Telaga Kemuning

Telaga Kemuning merupakan wisata air yang menjadi andalan dari desa wisata kemuning yang terletak di pedukuhan Kemuning, desa Bunder, kecamatan Patuk, kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Kawasan ini diresmikan sejak 10 Juni 2012 yang lalu. Sebenarnya keberadaan telaga ini sudah ada sejak lama dan saat ini dikembangkan serta diperluas dan pengerukan hingga menjadi 1 ha luasnya dan kedalaman mencapai 3 meter jika musim penghujan dan 1 meter jika pada musim kemarau.

Kemuning sebenarnya adalah sebuah pedukuhan yang menjadi bagian dari Desa Bunder, Kecamatan Patuk. Letaknya berada di 200 meter Dpl. Karena terletak di perbukitan, pemandangan di tempat ini cukup indah. Alam pegunungan dan hamparan tanaman kayu putih menjadi suguhan menarik. Telaga ini juga menjadi salah satu objek wisata yang ditawarkan dalam paket kunjungan wisata ke Desa Wisata Kemuning,  mulai diperbaiki dan dibangun fasilitasnya pada tahun 2008 kemudian difungsikan sebagai tempat rekreasi.

Lokasi telaga yang berbatasan langsung dengan hutan milk perhutani dan wanagama membuat pemandangan disekitar telaga cukup indah dan sejuk. Keberadaan pepohonan yang menjulang menjadi hiasan telaga bagaikan bingkai dari sebuah kaca yang besar. Ditambah dengan kicauan burung – burung yang menjadi penghuni hutan yang senantiasa memamerkan suaranya yang merdu menjadikan melodi yang indah. Menjadi terasa sangat nyaman berada ditepian telaga dengan kondisi seperti ini. Hal ini sangatlah cocok bagi siapa saja yang ingin refreshing dari rutinitas keseharian yang menyita pikiran kita. Dengan demikian kita akan kembali segar untuk kembali beraktifitas.

Keindahan, Kenyamanan, kesejukan serta keunikan telaga kemuning ini senantiasa ramai dikunjungi walaupun bukan hari libur untuk sekedar beristirahat anak anak yang pulang sekolah dan bagi yang hobi memancing tempat ini bisa juga sebagai tempat tujuan anda yang tentu sangat mengasyikkan.Ikan yang ada berupa ikan nila, tombro, tawes dengan biaya harian Rp. 10.000 sedangkan untuk paket wisata mulai Rp. 30.000 sekali mancing.

Walaupun baru seumur jagung namun melihat potensi yang ada bukan tidak mungkin keberadaan telaga kemuning ini ke depan akan terus dikembangkan untuk menjadi tujuan wisata alternatif selain objek wisata lain yang sudah banyak dikembangkan di kabupaten Gunung kidul, salah satunya adalah  goa pindul dengan wisata susur goanya.

Pihak pengelola masih terus berusaha untuk melengkapi fasilitas penunjang tempat ini demi kenyamanan para pengunjung yang datang. Beberapa fasilitas yang sudah tersedia diantaranya, toilet dan gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat. Selain itu saat ini juga sudah dapat dinikmati satu kegiatan yang berupa keliling telaga dengan menggunakan perahu bebek kayuh.

Untuk bisa ke kawasan Desa Wisata Kemuning dan mengunjungi Telaga Kemuning, anda bisa melewati rute Jalan Yogyakarta-Wonosari hingga di kilometer 25 akan ada pertigaan Kerjan. Ambil ke selatan 100 meter, sampai pertigaan Gunungan ambil arah kiri.

Jalan menuju Telaga Kemuning masih berupa pavingan semen jadi harus berhati-hati.   Panjang jalan pavingan ini sekitar tiga kilometer hingga ke Telaga Kemuning. Sepanjang jalan terlihat rumah-rumah warga yang letaknya berjauhan, melewati tanaman kayu putih.

Sumber : Yogyakartapanduanwisata