Wisata Alam Maribaya Bandung

Maribaya berasal dari nama seorang perempuan sangat cantik yang menjadi sumber kehebohan bagi kaum laki-laki. Saking terpesona oleh air terjun maribaya bandung kecantikannya, pemuda-pemuda di kampungya sering cekcok sehingga sewaktu-waktu bisa terjadi pertumpahan darah. Itulah gambaran keindahan Maribaya tempo dulu. Karena keindahan dan kenyamanan wilayah itu, lokasi pemandian air hangat itu diabadikan dengan nama Maribaya. Keelokan pemandangan disertai desiran air terjun digambarkan bagai seorang gadis cantik jelita yang membuat setiap pemuda bertekuk lutut.

Sejak mulai dikembangkan tahun 1835 oleh Eyang Raksa Dinata, ayah Maribaya, lokasi objek wisata itu berhasil mengubah kehidupan Eyang Raksa Dinata yang sebelumnya hidup miskin menjadi berkecukupan. Banyak orang yang berkunjung ke tempat tersebut. Mereka tidak hanya datang untuk berekreasi menghirup udara segar alam pengunungan dan perbukitan, tetapi banyak juga yang berobat dengan cara berendam di air hangat. Namun, apakah objek wisata Maribaya saat ini masih seperti dulu yang membuat setiap orang ingin menyambanginya ?

Objek wisata ini berjarak sekitar 21 Km dari kota Bandung ke arah Utara, atau sekitar 5 Km dari kota Lembang ke arah timur. Rekreasi dengan pemandangan indah dan udara sejuk. Selain memiliki kolam-kolam pemandian air panas mengandung mineral tinggi yang baik untuk kesehatan, juga terdapat beberapa air terjun yakni : Curug Cigulung, Curug Cikoleang, Curug Cikawiri dan Curug Omas. Curug Omas, dengan ketinggian kurang lebih 30 meter nampaknya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung kesana. Adanya fasilitas dua jembatan pengamat dari sisi bagian atas dan bawah juga memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk bisa lebih leluasa menikmati air terjun tanpa perlu takut menjadi basah.

Wisata Maribaya sudah cukup terkenal, di sini terdapat bermacam-macam arena bermain, di antaranya terdapat kolam berenang, pemandian air panas, dan terdapat banyak air terjun kecil. Terdapat di dekat kawasan Tahura, yang dapat dijelajahi dalam 1 perjalanan. Di sini, kita dapat menikmati hasil proses geologi selama jutaan tahun. Maribaya merupakan perkampungan kecil yang dialiri dua sungai, Cigulung dan Cikawari. Air terjun, tempat rekreasi dan jurang yang indah sekali membuat maribaya menjadi tempat peristirahatan yang sangat terkenal , hanya beberapa menit dari timur Lembang, pada hari minggu khususnya tempat ini ramai. Minibus dan kereta kuda bulak – balik dari lembang. Maribaya menarik bagi banyak penduduk Bandung karena pada hari minggu sumber air panas di alirkan ke kolam kecil untuk umum dan ke berbagai kamar, mandi pribadi. Beberapa orang datang kesini untuk mengajak anak – anak bermain di lapangan dan menunggang kuda.

Objek wisata Maribaya nampaknya lebih banyak dikunjungi sebagai objek wisata air terjun dibanding objek wisata pemandian air panas. Memang masih terdapat pengunjung yang memanfaatkan air panas yang ada di objek wisata ini sebagai salah satu pengobatan alternatif terhadap beberapa jenis penyakit, namun bila dilihat secara sekilas, pengunjung yang datang cenderung lebih menikmati pesona air terjun atau bersantai-santai dibawah rindangnya pepohonan.

Alamat : Jl. Maribaya No. 105/212 Lembang-Bandung Utara

(berbagai sumber)

4 Responses

  1. aji budi says:

    punten saya minta nomor telepon maribaya wisata

  2. sun's says:

    punteun ahhh, sy minta telp kantor wisata maribaya, krn sekolah kami akan berkunjung ke sana tggl 26 Mei. Kami mau boking tempat/area.

  3. Dewi Sartika says:

    Saya ingin berkunjung ke maribaya pd bulan april. klaw rombongan bisa kontak kemana ya ?

  4. obat herbal says:

    saya ingin sekali main ke objek wisata maribaya,, soalnya saya liat foto teman saya yg pernah kesana. hasil fotonya bagus..